Sangsel Terpilih Jadi Salah Satu Rol Model DP3 Oleh KPU Pusat

oleh -44 Dilihat
Sangsel Terpilih Jadi Salah

SANGATTA, DETAK KUTIM Sangsel terpilih jadi salah satu Rol Model DP3 oleh KPU Pusat. Desa Sangatta Selatan (Sangsel), Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi salah satu desa yang dipilih menjadi lokus Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat.

Sabtu (16/10/2021) dilaksanakan Launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Pusat, Iham Saputra di gedung KPU Kutim. Kegiatan itu, turut dihadiri Ardiansyah Sulaiman, didampingi Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Suko Buono.

Ketua KPU Iham Saputra Pusat menjelaskan, Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) menjadi salah satu program KPU dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Lebih lanjut dijelaskan Ilham, program DP3 merupakan sarana pendidikan pemilih tingkat desa yang berkesinambungan, guna meningkatkan pengetahuan dan kepedulian serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pemilihan.

“Memang di setiap Provinsi, ada 2 desa yang kami pilih untuk menjadi locus DP3, sebagai proyek percontohan kedepan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam setiap proses pemilihan umum ( Pemilu ),” terang Ilham.

Ditempat yang sama, Bupati Ardiansyah mengatakan, kurangnya partisipasi masyarakat dalam mengikuti pesta demokrasi Pemilu, menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi bersama.
Bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu (KPU) daerah saja, akan tetapi sudah menjadi permasalahan nasional.

“Oleh sebab itu, setelah adanya lauching DP3 ini, saya harapkan menjadi rool model. Nanti setelah diambil kesimpulan, maka bisa contoh bagi desa yang lain,”harap Ardiansyah.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di juga mengingatkan masyarakat, untuk memberikan hak suara pada Pilkades yang akan dilaksanakan serentak tanggal 18 Oktober 2021. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan iklim demokrasi yang baik .

”Memang tidak melibatkan Parpol. Tetapi partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan, guna menentukan arah pembangunan kedepan bagi desanya itu sangat dibutuhkan,” kata Ardiansyah.

Kegiatan launching tersebut juga dihadiri, Ketua KPU Provinsi Rudiansyah, KPU Kabupaten Ulfa Jamiatul Farida, sejumlah Kepala OPD, Camat Hasdia, serta undangan lainya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.