144 Siswa Didik Baru SDN 07 Sangatta Utara Ikuti MPLS

oleh -60 Dilihat

SANGATTA- Sebanyak 144 siswa didik baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Sangatta Utara mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang di yang di gelar di halaman sekolah pada Senin (10/07/2023) pagi.

Kepala sekolah SDN 007 Sutini di temui di ruang kerjanya mengatakan,MPLS merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memahami ekosistem sekolah, mulai dari pengenalan program, sarana dan prasana sekolah, penanaman konsep pengenalan diri dan karakter, yang melibatkan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah yang terletak di Jalan APT Pronoto ini.

“Proses MPLS sendiri akan berlangsung selama dua minggu kedepan mulai hari ini (10/7) hingga 21 Juli 2023 mendatang, dan orang tua di perkenankan untuk mendampingi selama masa MPLS,” ujarnya.

Selain itu, sesuai dengan arahan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi (Kemendikbud Ristek), SDN 007 Sangatta Utara juga tidak menerapkan adanya persyaratan kemampuan baca tulis dan berhitung (Calistung).

“Jadi memang masa transisi Taman kanak-kanak (TK) ke jenjang SD tidak di perkanankan lagi adanya tes pembelajaran Calistung,” ungkapnya.

Adapun metode penerimaan peserta didik baru, tahun ini SDN 007 menerapkan tiga jalur pendaftaran dan di lakukan secara online, yakni Zonasi sebesar 80 persen, Afirmasi 15 persen serta jalur perpindahan orang tua sebanyak 5 persen.

“Walaupun proses penerimaan online, tapi karena ada beberapa orang tua wali murid yang belum paham jadi tetap kami akomodir,” ujarnya.

Ditempat yang sama ketua Komite SDN 007 Sangatta Utara MUhammada Saiful Anwar mengatakan, selama proses MPLS komite sekolah juga memiliki peran penting, tidak hanya mendampingi sekolah, namun juga turut memberikan pemahaman kepada orang tua wali murid untuk ikut berperan dalam proses pembelajaran anak selama di sekolah. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *