64 Mahasiswa STIE Nusantara Sangatta Terima Beasiswa KIP Kuliah

oleh -36 Dilihat

SANGATTA – Sebanyak 64 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nusantara Sangatta menerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari aspirasinya Hefifah Sjaifudian Wakil Ketua Komisi X DPR RI. Kegiatan ini bertemakan “Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Implementasi Pemberian KIP Kuliah”.

Dari total 64 beasiswa yang diterima mahasiswa STIE Nusantara, terdiri 41 beasiswa dari aspirasi Hefifah Sjaifudian dan 23 beasiswa dari LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan. Penyerahan beasiswa dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi Sangatta, sabtu (8/10/2022).

Acara ini langsung dihadiri oleh Hefifah Sjaifudian selaku pemberi aspirasi dan Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan M Akbar, turut hadir pula Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang, Ketua STIE Nusantara Amransyah beserta jajarannya, Asisten Vice Presiden Bank Mandiri Yusuf Lasmsana, penerima beasiswa KIP 2019 – 2022 dan tamu undangan lainnya.

Hefifah Sjaifudian Wakil Ketua Komisi X DPR RI.

Disampaikan oleh Hefifah Sjaifudian Wakil Ketua Komisi X DPR RI bahwa beasiswa ini sangat terbatas maka kepada mahasiswa yang betul-betul membutuhkanlah yang menjadi prioritas mendapatkannya terlebih dahulu, selain itu juga disampaikan saat ini ada kebijakan berbeda terkait nilai uang kuliah.

“Dulu setiap mahasiswa sama nilai beasiswa yang diterima yaitu sebesar Rp.2,4 juta/semester, tapi sekarang nilai beasiswa disesuaikan dengan nilai uang kuliah di perguruan tingginya sesuai jurusan, ada yang 8 juta, 10 juta bahkan 20 juta, itulah kenapa penerima beasiswa jumlahnya berkurang,” bebernya.

Namun dirinya berjanji, tahun depan akan menambah jumlah penerima beasiswa di Kutim sebanyak dua kali lipat dari jumlah penerima saat ini, dengan catatan memang benar-benar anak yang membutuhkan/kurang mampu atau anak yang memiliki motivasi belajar yang tinggi tapi terhambat oleh masalah keuangan untuk kuliah.

Sebelumnya Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPR RI Hefifah Sjaifudian yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa di Kutim, dirinya berharap tahun depan mahasiswa di Kutim bisa lebih banyak lagi mendapatkan beasiswa KIP maupun bantuan UKT.

Dikesempatan ini Kasmidi juga menyampaikan, di APBD Perubahan Pemkab Kutim mengalokasikan anggaran kurang lebih 10 milyar untuk beasiswa.

“Beasiswa ini mulai dari SD, SMP, SMA sampai mahasiswa, terdiri dari Beasiswa Kutim Tuntas untuk 196 mahasiswa. Kemudian beasiswa stimulan mahasiswa untuk penunjang operasional masa perkuliahan dengan target 325 penerima,” ungkap Kasmidi.

Selanjutnya disampaikan, untuk siswa SD diberikan beasiswa stimulan untuk 4.200 anak, sedangkan untuk SMP beasiswa stimulan sebanyak 1.200 siswa. Beasiswa ini diperuntukkan buat siswa selain yang termasuk di Program Indonesia Pintar (PIP).

“Beasiswa ini dibagi 2 kategori yaitu, kategori prestasi akademik dan non akademik,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan Memorandum of Standing (MoU) antara STIE Nusantara Sangatta dengan Bank Mandiri.

Untut diketahui penerima beasiswa KIP mahasiswa STIE Nusantara berlangsung sejak tahun 2019 hingga 2022. Tahun 2019 penerima beasiswa sebanyak 4 mahasiswa, di tahun 2020 sebanyak 54 mahasiswa, sedangkan tahun 2021 penerima beasiswa sebanyak 119 mahasiswa dan tahun 2022 sebanyak 64 mahasiswa. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.