Festival Sekerat Nusantara Berdayakan UMKM Lokal

oleh -130 Dilihat

SANGATTA – Festival Sekerat Nusantara merupakan agenda garapan Pemerintah Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon yang berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT). Dalam kegiatan yang dibuka oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman itu ternyata memberdayakan UMKM lokal untuk menjajakan produk olahannya.

Kegiatan yang digelar di kawasan Pantai Sekerat, Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon ini dilaksanakan selama tujuh hari, yang dimulai sejak 17 Juli hingga 23 Juli 2022 nanti.

Ardiansyah mengatakan jika kegiatan ini harus berkesinambungan. Supaya dapat ditetapkan menjadi agenda rutin tahunan. Bahkan, orang nomor satu di Kutim itu menjanjikan akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) pada kegiatan tahun mendatang.

“Saya rasa kita perlu melibatkan pemerintah pusat, saya berjanji Insya Allah kita akan mengundang Pak Sandiaga Uno, karena Pak Menteri Pariwisata kita orang yang sangat agresif untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui ekonomi kreatif pariwisata dipadukan dengan UMKM,” tutur dia.

Festival ini ternyata berdampak positif pada banyak pihak. Selain melibatkan acara adat, agenda itu juga melibatkan ratusan pelaku UMKM lokal di yang berada di kawasan itu. Seperti diketahui, agenda ini tidak menggunakan APBD sama sekali.

Saat ditemui, Wabup Kasmidi Bulang mengajak masyarakat untuk hadir dan menyaksikan Festival Sekerat Nusantara yang berlangsung selama sepekan di kawasan pantai. Kata dia, festival ini dikemas dengan acara seni, budaya serta menjual beragam produk UMKM Kutim. Ia mengatakan jika kegiatan ini sangat dirindukan sejak vakumnya semua kegiatan selama Covid 19 mewabah.

“Harapannya dengan adanya festival ini bisa mengangkat perekonomian masyarakat dan UMKM, khususnya warga Bengalon dan sekitarnya. Disini kita bisa lihat keindahan Pantai Sekerat dengan produk lokal yang bisa kita beli secara mudah, ayo datang dan saksikan Festival Sekerat Nusantara,” tandasnya.

Terpisah, Kadis Koperasi dan UKM Kutim, Darsafani mengharapkan Festival Sekerat Nusantara dapat dinikmati masyarakat Kutim. Bahkan kata dia, kegiatan ini menjadi ajang promosi UMKM dari beragam desa di kabupaten ini.

“Harapan saya saat Festival Sekerat Nusantara, setidaknya menjadi sarana promosi produk olahan UKM Kutai Timur, nantinya banyak masyarakat yang akan dan sudah tahu, sehingga bisa memesan produk melalui online,” harapnya.

Saat dikonfirmasi, Ketua AJKT Sukriadi menyebut Festival Sekerat Nusantara telah dipersiapkan sematang mungkin, bahkan peninjauan lokasi telah dilakukan berulang kali, agar acara yang dihelat dipastikan matang. Ia menegaskan, UMKM lokal harus dilibatkan, semata untuk membantu mendongkrak perekonomian warga.

“Kita memberikan apresiasi kepada semua pihak, baik Pemkab Kutim, Camat, Kades, hingga semua kepanitiaan dan pelaku usaha yang sudah mau terlibat, semoga masyarakat yang hadir dapat terhibur,” ungkap ia. (G-S03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *