Gelar Bimtek SP4N Lapor dan SPBE, Diskominfosp Kutim Harapkan Kolaborasi Seluruh Perangkat Daerah

oleh -67 Dilihat

Samarinda. Gelar Bimtek SP4N Lapor dan SPBE, Diskominfosp Kutim Harapkan Kolaborasi Seluruh Perangkat Daerah – Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N Lapor), merupakan salah satu aplikasi umum yang mendukung pelaksanaan dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang bertujuan mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang efisien.

Hal tersebut di atur dalam Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE, dimana setiap daerah wajib menerapkan dan melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Dengan adanya sistem yang terintegrasi akan menghasilkan efisiensi anggaran pada pemerintah daerah maupun pusat.

Oleh sebab itu untuk meningkatkan kwalitas pelayanan SP4N LAPOR  dan Implementasi SPBE Kab. Kutai Timur, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan SP4N LAPOR dan SPBE untuk para narahubung SKPD Kab. Kutim di Samarinda. Senin. (29/05/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zubair, Kepala Diskominfo Prov Kaltim Muhammad Faisal dan Kadis Kominfosp Ery Mulyadi.

Kepala Dinas Diskominfosp Kutim Ery Mulyadi menyampaikan, Fokus prioritas dalam kegiatan ini yang paling penting adalah kolaborasi, sebab SPBE tak hanya tugas Diskominfo saja tetapi dalam implementasi SPBE tersebut dilaksanakan oleh Kabupaten mulai Perangkat Daerah, Kecamatan, dan Kelurahan. Sehingga saling bersinergi untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat dan Diskominfo memfasilitasi perihal pelayanan TIK.

“Kita ketahui Kutim ini sangat luas dan terkendala dalam hal infrastruktur TIK yang terbatas, artinya pelayanan Pemerintahan khususnya di tingkat Desa dan Kelurahan menjadi salah satu program prioritas kita” Jelasnya

Gelar Bimtek SP4N Lapor dan SPBE, Diskominfosp Kutim Harapkan Kolaborasi Seluruh Perangkat Daerah

Menurut Ery, hal ini selaras dengan tujuh prioritas pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Kutim, salah satunya pelayanan administrasi pemerintahan di tingkat kecamatan dan telah diimplementasikan yakni mendukung program pelayanan Adminduk di tingkat kecamatan.

“Tapi bukan hanya mendukung program adminduk tingkat kecamatan DiskominfoSP Kutim juga memfasilitasi jaringan yang dapat diakses masyarakat, bahkan di desa kami juga telah menyediakan jaringan internet desa di seluruh Kutim dan berjalan dari bulan april 2021 sampai sekarang” Pungkasnya

Post Views: 17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *