Gubernur Kaltim Resmikan Secara Simbolis Rumah Layak Huni di Kutim

oleh -74 Dilihat

SANGATTA. Gubernur Kaltim Resmikan Secara Simbolis Rumah Layak Huni di Kutim
– Sebanyak 27 unit rumah layak huni bantuan CSR dari perusahaan diserahkan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor kepada masyarakat Kutai Timur (Kutim). Selasa (22/8/2023) di Jalan Asadiyah II.

Peresmian progam rumah layak huni, dihadiri Komandan Korem (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman bersama Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim H Joni, Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim terkait serta unsur Forkopimda Kabupaten Kutim dan general manager PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan jajaran.

Untuk bantuan rumah 20 unit ini berasal dari CSR PT KPC yang di kerjakan oleh TNI dari Komando Resor Militer 091/ ASN, Kalimantan Timur.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengungkapkan bantuan rumah layak huni bagian dari program pemerintah untuk mengentaskan persoalan kemiskinan dengan melibatkan seluruh pengusaha di Kaltim.

Untuk merealisasikan Pengelolaan Rumah Layak Huni (PRLH), Pemprov menggandeng Kodam Mulawarman dan perusahaan-perusahan yang beroperasi di Kaltim. Perusahaan yang telah berkolaborasi, antara lain, minyak dan gas bumi, pertambangan batubara, perbankan, perkebunan kelapa sawit, Perusda di bawah Pemprov Kaltim dan berbagai perusahaan lainnya.

“Program ini saya harapkan bisa menekan angka kemiskinan Kaltim, dari yang sekarang enam persen menjadi di bawah dua persen,” kata Isran.

Isran secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPC atas dukungannya terhadap Program PRLH. Ia berharap, KPC bisa meningkatkan lagi jumlah rumah yang dibangun pada masa mendatang.

Pose bersama usai peresmian rumah layak huni oleh Gubernur Kaltim Isran Noor

“Waktu saya menjadi Bupati Kutim tahun 2010 lalu, saya tau KPC sudah membangun rumah layak huni juga. Ini sangat bagus karena langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Isran.

Sementara Bupati Kutim Ardiansyah sulaiman atas nama pemerintah dan masyarakat Kutim mengucapkan rasa terimakasihnya atas terbangunnya rumah layak huni tersebut.

“Memang sejak jaman beliau (Isran Noor) menjadi Bupati Kutim sudah terbangun 2000 lebih rumah layak huni di Kutim dan sekarang beliau teruskan. Semoga dengan adanya bantuan rumah layak huni dari beberapa perusahaan saja, ini menjadi modal dasar untuk nantinya bisa kita sampaikan ke beberapa perusahaan,” tandasnya.

Lanjut Bupati, untuk beberapa perusahaan yang belum terlibat nantinya bisa berkontribusi untuk pembangunan rumah layak huni di wilayahnya masing-masing.

Gubernur Kaltim Resmikan Secara Simbolis Rumah Layak Huni di Kutim

Sebelumnya Ketua Badan Pengelola Rumah Layak Huni (BPRLH) Provinsi Kalimantan Timur M Taufik Fauzi dalam laporannya mengatakan dalam peresmian kali ini selain PT KPC (20 unit), turut dilakukan komitmen partisipasi pembangunan RLH oleh PT BTN (5 unit) dan PT BSI (3 unit).

“Sehingga total yang dibangun di Kutai Timur untuk tahun ini mencapai 27 unit yang murni dibiayai CSR perusahaan,” ungkap Mantan Kadis PUPR Kaltim masa Gubernur Awang Faroek Ishak itu.

Menurutnya, kerjasama dilakukan dengan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kodim 0909/Sangatta. Dari total 27 unit tersebut, 2 unit telah selesai dibangun. Sementara 25 unit sisanya telah mencapai progres 80 persen dan ditargetkan tuntas pada akhir Agustus ini.

Post Views: 262

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *