HUT IBI ke 71, Ranting Karangan Gelar Pelayanan KB dan Penyuluhan Stunting

oleh -51 Dilihat

KARANGAN – Memperingati HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 71, IBI Ranting Karangan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Bakti Sosial berupa pelayanan KB, pelayanan Iva Test dan penyuluhan tentang Stunting, sabtu (18/6/2022) di kantor Desa Karangan Dalam.

Kegiatan dibuka oleh Madnuh Camat karangan dengan dihadiri oleh pengurus PC IBI Kutim, Kades Karangan Dalam, Karangan Seberang, Batu Lepoq, Mukti Lestasri, Ketua dan anggota TP PKK Kecamatan dan Desa di Karangan, perwakilan dari PT BSN, PT Guntasamba, PT segara, PT Sumalindo, UPT Puskesmas, UPT Pendidikan dan undangan lainnya.

Disampaikan oleh Sekretaris IBI Yuliana Kala Lembang yang juga sebagai Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) bahwa di usia 71 tahun ini, peran bidan diharapkan semakin di tingkatkan dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Khususnya dalam percepatan penurunan stunting yang saat ini gencar di lakukan,” ujar Yuliana.

Dirinya menyebut Bidan merupakan salah satu anggota Tim TPK (Tim Pendamping Keluarga ) yang bertugas melakukan penyuluhan, memfasilitasi pelayanan rujukan dan memfasilitasi pemberian bantuan sosial serta melakukan surveilans kepada sasaran keluarga berisiko stunting.

“Jumlah TPK ada sebanyak 528 orang, hingga saat ini yang sudah terlatih sebanyak 429 termasuk di Sangatta Utara 66 orang yang dilatih hari ini,” tuturnya.

Untuk orientasi tentang Stunting, Yuliana mengatakan sangat gencar dilakukan, jadwal selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Sangkulirang pada tanggal 19 Juni 2022 dengan peserta sebanyak 99 orang. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.