Jimmy : Kurikulum Merdeka Belajar Langkah Maju di Dunia Pendirian

oleh -18 Dilihat

SANGATTA- Kurikulum Merdeka Belajar yang sedang gencar di sosialisasikan oleh pemerintah dan mulai di terapkan di berbagai jenjang sekolah secara mandiri di hampir semua wilayah di Indonesia, termasuk di Kutai Timur (Kutim).

Di dalam kurikulum ini guru dapat memilih dan menentukan format, materi esensial, cara yang ingin disampaikan kepada siswa. Dengan Kurikulum Merdeka ini diharapkan para tenaga pendidik mampu menjadi penggerak yang mampu menggali dan memaksimalkan potensi siswanya, mengingat, setiap siswa memiliki potensi dan bakat yang berbeda-beda.

Jimmy menilai, penerapan metode yang dicetuskan pemerintah saat adanya Pandemi ini, menjadi langkah maju bagi dunia pendidikan di Indonesia, karena, menurutnya memiliki Ekosistem pendidikan yang positif, diantaranya adanya kolaborasi serta keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat.

“Selain itu, memberikan kebebasan kepada para siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya yang di fasilitasi oleh sekolah, kita apresiasi, “ ujarnya.

Dampak lainya, menurut pria 44 tahun ini, juga menuntut tenaga pendidik untuk lebih kreatif dalam mendidik siswanya sesuai dengan potensi yang ada dalam diri mereka. Sehingga akan mampu memunculkan inovasi serta kemandirian.

“Namun pada akhirnya, kemerdekaan belajar ini harus bisa menyentuh hingga ke tingkat paling dasar, agar seluruh elemen pendidikan memahami maksud dan tujuan dari kurikulum yang akan diterapkan,” pungkasnya. (G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.