Joni Dukung Program One Village One Product

oleh -93 Dilihat

RANTAUPULUNG- Ketua DPRD Kutim H Joni mendukung program pemerintah daerah yang mencanangkan agar setiap desa yang ada di seluruh kecamatan harus memiliki produk unggulan (one village one product) dengan cara memanfaatkan segala sumber daya yang ada, yang bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian, serta sebagai wujud kemandirian masyarakat.

“Ini langkah yang bagus, kalau seluruh desa mau melaksanakan (kemandirian desa) itu, ini juga akan langsung berimbas kepada masyarakat,” ujarnya di temui usai kegiatan Panen raya komoditi buah Semangka oleh Kelompok Tani (Poktan) Lestari Mandiri Jaya asal Desa Manunggal Jaya Kecamatan Rantau Pulung pada Selasa (22/05).

Selain itu, dengan adanya program tersebut, dirinya menyakini, seluruh potensi sumber daya yang di miliki akan terserap dan mampu memberikan manfaat secara maksimal kepada masyarakat, sehingga cita-cita kemandirian warga desa bisa terwujud, namun, dirinya juga meminta, agar pemerintah tidak lepas tangan dan terus memberikan perhatian secara penuh kepada masyarakat.

“Contohnya sudah ada, desa Manunggal Jaya (Rantau Pulung) yang diharapkan bisa menjadi sentra buah Semangka, nah, pertanyaanya bisa konsiten atau tidak, namun saya yakin, kalau semua bersinergi pasti akan terus berproduksi, dan kami di legislatif siap mendorong program tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Ardinasyah Sulaiman, meminta, agar setiap desa di seluruh kecamatan memiliki produk unggulan tersendiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sebagai wujud kemandirian masyarakat di wilayah tersebut.

“Sekarang sudah tidak jamanya lagi membuat motto yang panjang-panjang, contohnya desa Sangatta Selatan dengan produk madu Kelulutnya, Himba Lestari dengan Nanasnya, nah pak kepala Desa (Manunggal Jaya) segera tentukan desa ini mau apa, dan kejar sebagai produksi utama yang memberikan manfaat kepada masyarakat,” ucap Ardinasyah. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *