Kasmidi Bulang Menyebut Keterbukaan Informasi, Peluang Masyarakat Berpartisipasi Dalam Kebijakan Publik

oleh -75 Dilihat

SAMARINDA. Kasmidi Bulang Menyebut Keterbukaan Informasi, Peluang Masyarakat Berpartisipasi Dalam Kebijakan Publik – Bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan akses keterbukaan informasi publik pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) yang digelar Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, melibatkan sebanyak 120 peserta. Rabu (07/06/2023)

Sekretaris dan operator Perangkat Daerah (PD) merupakan peserta Bimtek PPID, yang di buka secara resmi oleh Wakil Bupati Dr. H. Kasmidi Bulang, ST. MM yang ditandai dengan pemukulan gong di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Poniso Suryo Renggono, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Zubair, Kepala Dinas Kominfo Ery Mulyadi, Kepala OPD, serta Camat.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang dalam sambutannya mengungkapkan, keterbukaan informasi memberi peluang kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam berbagai kebijakan publik, kondisi ini sekaligus dapat mendorong terciptanya clean and good governance.

“Dikarenakan kita sebagai badan publik, dituntut untuk menyediakan informasi secara lengkap, terbuka, transparan, dan akuntabel mengenai apa yang kita kerjakan , ” Ujar KB sapaan akrabnya.

Kasmidi juga menjelaskan, sebagai badan publik, pemerintah memiliki kewajiban untuk membuka akses dan melayani masyarakat dalam penyediaan dan pelayanan informasi publik yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

“Dan sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi kita memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik kepada masyarakat” Jelasnya

Kasmidi juga menyebutkan, untuk mewujudkan pemerintahan yang partisipatif berbasis penegakan hukum dan teknologi Informasi, merupakan salah satu Misi pembangunan Kabupaten Kutai Timur.

Kasmidi Bulang Menyebut Keterbukaan Informasi, Peluang Masyarakat Berpartisipasi Dalam Kebijakan Publik

“Implementasinya ialah, bagaimana kita sebagai aparatur pemerintah mampu memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, baik informasi publik yang yang bersifat terbuka, maupun informasi yang dikecualikan, baik secara manual, maupun berbasis Teknologi Informasi” Sebut Kasmidi

Terakhir Kasmidi mengatakan, Pemkab Kutim akan terus berkomitmen dalam memberikan layanan keterbukaan informasi publik.

“Makanya saya minta kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini secara seksama, dan bisa segera mengimplementasikan hasil bimtek di masing-masing OPDnya” Pungkas Kasmidi

Post Views: 125

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *