Mudahkan Masyarakat Dalam Mencari Data, 27 Operator Produsen Data Ikuti Pelatihan CKAN

oleh -63 Dilihat

SANGATTA. Mudahkan Masyarakat Dalam Mencari Data, 27 Operator Produsen Data Ikuti Pelatihan CKAN – Data yang valid dan akuntabel baik dan mudah di akses oleh Pemerintah maupun kalangan masyarakat sudah menjadi kebutuhan. Hal itu tertuang dalam peraturan presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).

Agar memudahkan masyarakat dalam mencari data, maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang mudah diakses dimana saja melalui Satu Data Kutai Timur.

Atas dasar tersebut, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian menggelar pelatihan Comprehensive Knowledge Archive Network (CKAN) yang bertugas sebagai operator Input Portal Satu Data Kutai Timur

Kegiatan pelatihan tersebut di buka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Kab. Kutai Timur, Poniso Suryo Renggono di Hotel Royal Victoria. Selasa (04/07/2023)

Didampingi Kepala Diskominfosp Kutim Ery Mulyadi dan turut dihadiri Sekretaris Rasyid, kepala PD dan diikuti sebanyak 27 peserta yang merupakan operator portal satu data dari masing-masing Perangkat Daerah (PD).

Dihadapan peserta Poniso mengungkapkan,
keberadaan portal satu data bertujuan untuk perbaikan tata kelola data, dan diharapkan dengan adanya kebijakan satu data Indonesia dapat dihasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses

“Dengan adanya transformasi digital, memberikan peluang dan tantangan bagi Pemerintah, terutama dalam pengambilan kebijakan berbasis data.” Ungkapnya

Selain itu menurut dirinya perkembangan teknologi informasi semakin mempermudah cara kerja birokrasi menjadi lebih efektif dan efisien serta pemanfaatannya dapat memberikan kemudahan kepada pemerintah dan masyarakat untuk mengakses data yang diperlukan.

“Ketersediaan data yang lengkap, akurat dan mudah diakses, menjadi salah satu komponen utama dalam mendukung pembangunan daerah.”jelasnya

Mudahkan Masyarakat Dalam Mencari Data, 27 Operator Produsen Data Ikuti Pelatihan CKAN

Sekedar informasi, pemanfaatan data berkualitas di saat yang tepat untuk penentuan kebijakan oleh instansi pemerintah sangat diperlukan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan.

Pemenuhan prinsip-prinsip Satu Data Indonesia (SDI) pada setiap data yang disajikan mutlak diperlukan. Untuk itu kemudahan dalam mengakses data, dan kemudahan berbagi pakai antar sistem elektronik yang saling berinteraksi adalah suatu hal yang harus dipenuhi dalam pengembangan sebuah sistem pencarian data.

Post Views: 103

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *