Nanas Kutim Masih di Fokuskan Isi Pasar Regional

oleh -60 Dilihat

SANGATTA – Saat ini, komoditi pertanian yang dihasilkan oleh para petani di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tidak bisa dianggap sebelah mata, terbaru, buah Nanas yang dibudidayakan oleh masyarakat di desa Himba Lestari Kecamatan Batu Ampar kini banyak dilirik oleh konsumen dari luar daerah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kutim melalui Kepala Bidang Holtikultura Wahyudi Noor mengatakan, pihaknya sedang konsentrasi untuk mengembangkan pemasaran buah dengan nama latin Ananas Cocomes ini.

“Saat ini kita upayakan bisa mengisi pasar tingkat regional dulu, nah, nanti setelah kita dihitung cukup, baru kita coba tingkatkan ke market yang lebih luas,” ujarnya Rabu (03/05/2023).

Komoditi buah Nanas jenis madu yang dihasilkan oleh tiga kelompok tani di desa Himba Lestari ini, menurutnya memiliki keunggulan tersendiri yakni memiliki rasa yang lebih manis selain aromanya yang juga menyegarkan, sehingga mampu menarik minat para konsumen hingga ke luar daerah.

“Untuk di tingkat penjual, harga kita cukup kompetitif dan mampu bersaing dengan produk dari daerah lain, yang terbaru nanas kita sudah sampai Tanjung Selor Kalimantan Utara,” imbuhnya.

Meskipun saat ini, sudah ada peminat yang ingin memasarkan komoditi buah nanas ini ke luar negeri namun, saat ini pihaknya masih fokus untuk mencukupi kebutuhan pasar lokal dan regional.

“Jangan sampai kita menyanggupi untuk ekspor, tapi kebutuhan lokal sendiri belum tercukupi, kita belum berfikir kesana (ekspor) dulu,” pungkasnya. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *