Nyelama Sakai Mubes IV LADK-KT dan KDK-KT, Kasmidi Harap Sinergitas Terus Terbangun

oleh -80 Dilihat

SAMARINDA -Sehari sebelum digelar Musyawarah Besar (Mubes) ke IV Lembaga Adat Dayak Kenyah Kalimantan Timur (LADK-KT) dan Kerukunan Dayak Kenyah Kaltim (KDK-KT) digelar acara Nyelama Sakai atau welcome party kepada seluruh peserta dan peninjau Mubes di ruang Olah Bebaya Kawasan Kantor Gubernur Kaltim, jumat (28/4/2023) malam.

Di acara ini tampak hadir, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, Presiden Majlis Adat Dayak Nasional Marthin Billa, Kepala Adat Besar LADKT Kaltim, para Ketua Lembaga Adat Dayak Kabupaten/Kota se Kaltim.

Dalam suasana penuh keakraban di Nyelama Sakai ini para tamu disuguhi berbagai pertunjukan tarian etnik khas Dayak Kenyah, terlihat semua yang hadir menikmati berbagai suguhan yang telah ditampilkan.

Saat ditemui usai acara, Wabup Kutim Kasmidi Bulang menyampaikan ucapan selamat melaksanakan Mubes dan di acara welcome party ini tentunya menjadi ajang silaturahmi masyarakat Dayak Kenyah se Kaltim.

“Diharapkan saat Mubes ke IV LADK-KT dan KDK-SKT nanti akan melahirkan keputusan besar yang yang dapat membangun sinergitas antara saudara kita masyarakat Dayak dengan Pemerintah Provinsi Kaltim,khusus Pemkab Kutim” ujar Kasmidi.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi

Sebelumnya Wagub Hadi Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan warga Dayak di Kaltim memiliki rasa persatuan dan kesatuan, termasuk suku Dayak Kenyah.

“Ada 24 sub Dayak Kenyah, dan semuanya bersatu. Ini luar biasa karena semuanya punya cita-cita yang luhur untuk membangun Kaltim dan mendukung Ibu Kota Negara,” ucap Hadi.

Selanjutnya disampaikan, karena kondusifnya itulah salah satu alasan kenapa Kaltim dipilih menjadi IKN, apalagi diketahui warga asli orang Kaltim (Dayak dan Kutai) siapa hidup berdampingan dengan siapa saja.

“Kaltim pernah tiga kali mendapatkan penghargaan Harmoni Award dari Kementrian Agama. Untuk diketahui dari 38 Provinsi di Indonesia, Kaltim menempati urutan ke lima pada indeks keharmonisan,” kata ia.

Ketua panitia Marten Apuy

Di tempat itu Ketua panitia Marten Apuy menyampaikan maksud digelar acara Nyelama Sakai ini agar para peserta bisa saling sehingga diharapkan pada saat Mubes dapat berjalan dengan baik, mengingat ada dua agenda yang akan dilaksanakan, yaitu Mubes LADK-KT dan Mubes KDK-SKT.

“Semoga nanti menghasilkan yang terbaik buat kita semua dan saya berharap warga Dayak Kenyah dapat terlibat aktif dalam pembangunan IKN,” imbuhnya. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *