Pilkades Serentak di Kutim Aman dan Kondusif

oleh -73 Dilihat
Pilkades Serentak di Kutim Aman dan Kondusif

SANGATTA, DETAK KUTIM – Pilkades Serentak di Aman dan Kondusif. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang diadakan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, berjalan lancar dan aman. Berkat kerjasama antara Pemda Kutim dengan TNI-Polri.

Hal tersebut, diutarakan Bupati Kutai Timur bersama Kasmidi Bulang dan Forkopimda saat pelaksanaan rakor dengan jajaran Kemendagri secara daring.

Usai rakor dengan Kemendagri, Bupati beserta Wabup Kasmidi Bulang unsur Forkopimda melanjutkan virtual zoom dengan para Camat. Untuk melakukan monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 di Kutim. Kegiatan tersebut berlangsung di Diskominfo Perstik. Senin, (18/10/2021).

“Secara umum penyelenggaraan Pilkades di 62 Desa ini dalam keadaan siap semua dan penyelenggaraan di setiap wilayah berjalan aman, kondusif, tidak ada masalah,” jelas Ardiasyah usai kegiatan.

Bupati bersyukur partisipasi masyarakat yang terlibat secara langsung dalam proses Pilkades meningkat. Dengan angka partisipasi tiap kecamatan mencapai sekitar 70 persen. Masyarakat yang tadinya tak acuh, kini mulai semangat dan peduli menyalurkan hak demokrasinya.

Sementara itu Kadis DPMDes Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sirajudin mengingatkan para pihak untuk tidak mengesampingkan proses perhitungan suara. Karena merupakan bagian penting dalam proses tahapan pemilu.

“Biasanya ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil Pilkades. Sehingga menimbulkan permasalahan yang bisa berakibat terhambatnya proses pemilihan tersebut,” ujarnya.

Anggota DPRD Kutim yang juga mengikuti rakor tersebut mengapresiasi proses pelaksanaan Pilkades di wilayah ini. Karena berjalan dengan baik dan kondusif.

“Kita (DPRD Kutim) berharap kualitas Kades yang terpilih nanti sesuai dengan pilihan dan harapan masyarakat. (Tentunya) kita ikut mengapresiasi,” kata legislator dari partai moncong putih PDI Perjuangan itu.

Dia berharap Pemkab segera Kades terpilih, apabila sudah ditetapkan. Agar tidak mengganggu pelaksanaan program APBDes. Sesuai pesan Dirjen Pemerintahan Desa. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.