Produk Dari 11 Pelaku UMKM Kutim Akan Bersiap Dipasarkan ke Tingkat Global

oleh -78 Dilihat

SANGATTA- Sebanyak 11 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah di lakukan kurasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) yang bekerjasma dengan Global Enterpeuner Profesional (Genpro) dan akan bersiap untuk di pasarkan hingga ke tingkat global.

Hal itu di sampaikan oleh Bidang Kepala Bidang Usaha Mikro Diskop UKM Kutim Pasombaran, usai membuka pelatihan Kewirausahaan bagi wirausaha pemula di Hotel Royal Victoria Sangatta Utara, Kamis (06/07/2023).

“Mulai dari produk kuliner hingga ekonomi kreatif,” ujarnya.

Kurasi produk sendiri, sambung Pasombaran merupakan sebuah proses penyeleksian terhadap produk yang di hasilkan oleh para pelaku UMKM yang telah terdaftar sebelum produk tersebut dapat diekspor/dinaikkan kelasnya.

“Nah, dengan kurasi produk ini maka status UMKM akan lebih jelas mana yang gradenya bisa naik kelas dan yang belum mendapatkan (Kurasi) bisa juga di lakukan dengan syarat dan ketentuan yang harus di ikuti,” imbuhnya.

Khusus untuk kuliner, pihaknya juga menggandeng pihak yang sudah berpengalaman dalam mengolah dan mengemas produk, selain agar lebih menarik juga memiliki daya tahan yang lebih lama, tanpa mempengaruhi kualitas maupun rasa.

“Contohnya kemarin kami berikan pelatihan dengan menggundang professional dari Samarinda, untuk pembuatan olahan makanan yang berbahan dasar ikan yakni abon . produk tersebut bisa bertahan hingga lima bulan,dengan pengolahan yang sesuai dengan standar yang di tetapkan,” ujarnya. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *