Ranpul Gelar Pesta Rakyat Pertanian Berkelanjutan 2023

oleh -84 Dilihat

RANTAU PULUNG- Usai mengikuti panen raya buah Semangka dan Halal Bihalal dengan kelompok tani (Poktan) Lestari Mandiri Jaya di desa Manunggal Jaya, Bupati Ardiansyah Sulaiman bersama rombongan bergeser ke alun-alun Desa Pulung Sari Kecamatan Rantau Pulung, untuk menghadiri sekaligus membuka Pesta Rakyat Pertanian Berkelanjutan tahun 2023.

Kegiatan hasil kolaborasi pemerintah Kecamatan Rantau Pulung (Ranpul), Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutim dengan PT Pupuk Kaltim ini di gelar untuk memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan informasi serta upaya dalam mendukung program yang di canangkan oleh pemerintah daerah saat ini, khusunya di bidang pertanian.

Dalam sambutanya, Bupati Ardiansyah mengaku bersyukur kondisi pertumbuhan perekonomian di Indonesia termasuk di Kutim, cukup stabil malah cenderung meningkat di tengah pergolakan ekonomi yang terjadi saat ini di beberapa negara di dunia.

“Berdasarkan laporan dari pemerintah pusat, pertumbuhan ekonomi kita di angka 5,3 berbeda jauh dengan beberapa tahun yang lalu bahkan sebelum pandemi (Covid-19) lalu, sebesar 3 persen, bahkan angka inflasi kita juga stabil di angka 4 sampai 5 persen,” ujarnya di hadapan Ketua DPRD Kutim H Joni, beberapa Kepala Perangkar Daerah (PD) Camat Ranpul Tritianingsih, perwakilan PT PKT joko Trisilo serta undangan yang hadir.

Keberhasilan tersebut, sambung Ardiansyah, tidak terlepas dari kontribusi dari sektor ekonomi kerakyatan yang terus bergerak untuk menekan angka inflasi, hal itu terlihat saat pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu melanda di hampir seluruh dunia, para pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tetap bisa bertahan di tengah gejolak ekonomi dunia.

“Karena salah satu penyumbang inflasi itu, kalau perputaran uang di masyarakat sulit terjadi, sehingga kalau ingin perekonomian itu terus bergerak, maka kita (pemerintah) akan memfasilitasi kegiatan ekonomi kerakyatan, salah satu diantaranya dengan kegiatan semacam ini,” ujarnya,

Sebelumnya dalam laporanya Camat Ranpul Triatiningsih mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil dari diskusi dan masukan masyarakat untuk agar membuat program yang bisa membantu para petani, terkait informasi tentang pertanian dan daya dukung lainya untuk meningkatkan produktifitas pertanian yang menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat di kecamatan Ranpul.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan UPT P4, termasuk menggandeng Bumdes agar terus bangun dan berkembang, termasuk menciptakan kemandirian desa yang ada di Ranpul, agar tidak tergantung dengan bantuan pemerintah daerah maupun pusat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan yang akan berlangsung mulai tanggal 22 Mei hingga 3 Juni 2023 ini juga kan di isi dengan diskusi dan pemaparan materi terkait informasi dan tekhnologi pertanian dari narasumber yang berasal dari PT Pupuk Kaltim. Termasuk akan ada pameran hasil olahan pertanian oleh Bumdes yang ada di Kecamatan Ranpul. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *