Tesla Putuskan Masuk Ke Thailand Untuk Investasi, Bagaimana Dengan RI?

oleh -64 Dilihat

INFOKUTIM.COMTesla resmi memperluas ekspansi ke pasar Thailand.

Tesla Company (Thailand) Ltd sudah teregistrasi sebagai perusahaan baru di Thailand. Nilai investasi awal disebutkan sekitar Rp 1,2 triliun.

Perusahaan berusaha keras untuk memasuki pasar India selama bertahun-tahun, tetapi upaya itu ditunda awal bulan ini.

Dikutip dari laman Department of Business Development, Ministry of Commerce Thailand. Tesla resmi terdaftar sebagai perusahaan sejak Rabu (25/5/2022).

Tujuan utama Tesla melakukan penetrasi ke pasar Thailand yaitu menjual kendaraan listrik (electric vehicles). Pabrikan asal Amerika Serikat ini juga akan memasang sistem sektor energy storage system (ESS) atau sistem penyimpanan energi.

Dalam lampiran itu tidak disebutkan Tesla akan memproduksi atau merakit mobil listrik.

Meskipun Tesla belum secara resmi memasuki negara itu, sudah ada cukup banyak kendaraan listrik Tesla di Thailand.

Kendaraan listrik tersebut telah diimpor secara pribadi oleh pemiliknya dan itulah faktor yang diperhitungkan Tesla saat mempertimbangkan memasuki pasar baru.

Bahkan pihak kepolisian Thailand membeli armada kendaraan Tesla Model 3 untuk digunakan sebagai mobil patroli polisi pada tahun 2020.

Dikutip dari electrek.co, Jumat (27/5/2022) pasar mobil Thailand lebih signifikan dengan mencatat lebih dari 750.000 unit mobil terjual di pasar tahun lalu, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 800.000 hingga 900.000 unit tahun ini.

Namun, sebagian besar kendaraan tersebut tidak berada dalam kisaran harga yang sama dengan kendaraan Tesla.

Sementara itu, Thailand akan menjadi negara Asia Tenggara pertama di mana Tesla secara resmi akan menjual kendaraannya.

Menariknya, Tesla juga telah terdaftar di Thailand untuk menjual produk sistem penyimpanan energi dan baterainya, yang sebagian besar terbatas di AS.

Luhut: Tidak Semudah Menjentikkan Jari

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan realisasi investasi perusahaan milik Elon Musk membutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi dari Tesla, Inc.

“Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari, ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo,” ucap Menko Luhut dikutip Rabu (25/5/2022).

“Jadi kita harus sabar, supaya nantinya bisa benar-benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan,” tambahnya.

Menko Luhut menyebut pemerintah telah menjalin komunikasi yang sangat baik sejak dua tahun belakangan.

Ia meyakini pendiri SpaceX tersebut, tertarik untuk melakukan investasi terhadap industri nikel di Indonesia yang sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem kendaraan listrik.

Luhut menambahkan negosiasi secara intensif dilakukan untuk merumuskan berbagai hal terkait detail formula investasi yang akan dipakai.

Namun demikian, keputusan akhir mengenai investasi akan berada di tangan perusahaan.

“Tim dari Tesla bergerak sangat cepat. Mereka sudah datang ke Indonesia awal bulan ini, mengunjungi beberapa pabrik pengolahan nikel, dan kita juga merespon dengan tidak kalah cepat untuk menunjukkan keseriusan dan support kita. Tapi yang harus diingat, ini masih dalam tahap negosiasi, jadi sekali lagi, semua harus bersabar,” lanjutnya.

Presiden Joko Widodo juga telah menyampaikan bahwa pembicaraan antara Indonesia dengan Elon Musk akan meliputi bahasan mengenai investasi, teknologi dan inovasi.

Hal itu disampaikan kepala negara dalam kunjungan ke pabrik SpaceX di Boca Chica, Texas.

Dari pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengundang orang terkaya di dunia itu datang ke Indonesia pada bulan November nanti untuk menghadiri forum The Business 20 atau B20 yang merupakan outreach group dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional.

Soal Kabar Kerja Sama Dengan Tesla, Ini Pernyataan Antam

PT Aneka Tambang (Antam) ikut serta dalam pertemuan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan pendiri SpaceX Elon Musk beberapa waktu lalu.

Direktur Utama Antam Nicolas Kanter mengaatakan, Antam menjadi salah satu perusahaan yang diundang Kemenko Marves untuk berbicara dengan tim dari Tesla.

“Jadi ada beberapa perusahaan yang kami tahu berbicara dengan Tesla,” kata Nico, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya, setelah pertemuan tersebut hingga saat ini belum ada tindaklanjutnya, tetapi pihak Tesla memiliki ketertarikan berinvestasi di Indonesia.

“Saya melihat ketika menandatangani framework agreement mereka ada ketertarikan, tapi kita belum bisa bilang ada komitmen tertentu, itu belum,” kata Nico.

Nico menyebut, pihak Tesla saat itu hanya bertanya terkait bisnis yang dijalankan Antam, tetapi hal ini masih sangat awal belum ada komitmen apapun.

“Mereka lagi menjajaki, tapi ini sangat awal,” ucapnya.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi perusahaan milik Elon Musk, Tesla di Austin, Texas, Amerika.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut bersama para delegasi membicarakan mengenai electric vehicle, renewable energy dan juga mengenai B20 bersama Elon Musk.

BERITA TERKAIT INVESTASI TESLA

Tesla Belum Putuskan Investasi Ke Indonesia Luhut Harus Sabar
Menurut luhut keputusan investasi tesla tidak semudah menjentikkan jari apalagi investasi perusahaan milik elon musk itu bernilai jumbo menurut luhut keputusan investasi tesla tidak semudah menjentikkan jari tesla belum putuskan investasi ke indonesia luhut harus sabar 3 hari yang lalu

Tesla Janji Investasi Di Indonesia Begini Awal Ceritanya Bisnis Com
Janji ke indonesia januari 2021 menteri koordinator bidang maritim dan investasi luhut binsar pandjaitan mengungkapkan bahwa produsen mobil listrik asal amerika serikat yaitu tesla akan berkunjung ke indonesia pada januari 2021 tesla juga telah menyatakan minat yang kuat dan mereka akan lakukan kunjungan di januari 2021 katanya dalam

Tesla Putuskan Investasi Di Thailand Bagaimana Nasib Kerja Sama Dengan
Bahkan tesla company thailand ltd sudah teregistrasi sebagai perusahaan baru di thailand nilai investasi awal disebutkan mencapai sekitar rp 1 2 triliun perusahaan berusaha keras untuk memasuki pasar india selama bertahun tahun tetapi upaya itu ditunda awal bulan ini

Tesla Putuskan Masuk Ke Thailand Untuk Investasi Bagaimana Dengan Ri
Menu news politik regional metropolitan nasional ekonomi tekno search

Tesla Resmi Investasi Di Thailand Ri Gimana Laman 2 Dari 2 Nusa Daily
Tesla resmi investasi di thailand ri gimana by eky 27 mei 2022 0 1 ilustrasi pabrik tesla foto ap photo melansir detikcom kedatangan tesla di thailand sejalan dengan kebijakan pemerintah sana untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon pada bulan maret pemerintah thailand menyetujui anggaran 3 miliar

Duh Tesla Resmi Investasi Di Thailand Indonesia Gimana Nih
Pada bulan maret pemerintah thailand menyetujui anggaran 3 miliar baht untuk mensubsidi harga kendaraan listrik untuk pelanggan di thailand pemerintah juga akan mengurangi pajak penghasilan atas kendaraan listrik investasi tesla di indonesia masih dalam proses menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi menko marves luhut binsar

Tesla Resmi Investasi Di Thailand Ri Gimana Imperiumdaily Com
Imperiumdaily com jakarta perusahaan elon musk resmi melakukan penetrasi di thailand tesla company thailand ltd sudah teregistrasi sebagai

Tesla Belum Putuskan Investasi Ke Indonesia Luhut Harus Sabar
Global ch se dk no nl be uk de fr fi it at es pt pl ie gr cz tr ae ca jp kr ar

Tesla Putuskan Masuk Ke Thailand Untuk Investasi Bagaimana Dengan Ri
Menariknya tesla juga telah terdaftar di thailand untuk menjual produk sistem penyimpanan energi dan baterainya yang sebagian besar terbatas di as luhut tidak semudah menjentikkan jari menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi menko marves luhut binsar pandjaitan mengatakan realisasi investasi perusahaan milik elon musk

Tesla Peluang Investasi Indonesia Dan Katalisator Ganda Emiten Nikel
Saat itu menteri perindustrian thailand suriya jungrungreangkit mengatakan timnya yang akan pergi ke california as untuk mengajak bicara langsung pihak tesla potensi investasi tesla ke negeri gajah putih juga disebut sebut sempat jadi menu pembicaraan saat duta besar as dan pengusaha dari us asean business council menghadap perdana menteri

Investasi Mobil Listrik Tesla Pilih Thailand India Atau Bisnis Com
Baca juga hyundai incar penjualan mobil listrik 560 000 unit per tahun meski harus bersaing dengan thailand dan india septian optimistis tesla lebih berminat ke indonesia karena cadangan nikel yang dimiliki indonesia sangat besar menurutnya selain mengandalkan cadangan nikel yang dimiliki indonesia juga perlu memastikan kemudahan dari

Tribunnews Com Tesla Resmi Memperluas Ekspansi Ke Pasar Facebook
Tesla resmi memperluas ekspansi ke pasar thailand tesla company thailand ltd sudah teregistrasi sebagai perusahaan baru di thailand nilai investasi awal disebutkan sekitar rp 1 2 triliun tesla

Tesla Putuskan Masuk Ke Thailand Untuk Investasi Bagaimana Dengan Ri
Tribunnews com new york tesla resmi memperluas ekspansi ke pasar thailand tesla company thailand ltd sudah teregistrasi sebagai perusahaan baru di thailand nilai investasi awal disebutkan sekitar rp 1 2 triliun perusahaan berusaha keras untuk memasuki pasar india selama bertahun tahun tetapi upaya itu ditunda awal bulan ini

Thailand Lobi Tesla Persaingan Investasi Di Asean Bisnis Indonesia
Bisnis com jakarta persaingan memperebutkan investasi pada sektor manufaktur kendaraan listrik di asia tenggara kian ketat setelah pemerintah thailand menyatakan bahwa tesla berencana membahas investasi di negara tersebut menteri perindustrian thailand suriya jungrungreangkit mengatakan bahwa pihaknya akan segera bertemu dengan tesla inc yang berbasis di california amerika serikat

Tesla Ajukan Investasi Baterai Ke Thailand Pagarsehat Web Id
Tesla resmi investasi di thailand bagaimana nasib pabrik di indonesia meskipun tesla belum secara resmi memasuki negeri gajah putih nyatanya sudah banyak kendaraan tesla yang beredar di thailand bahkan kendaraan tesla yang masuk negara tersebut diimpor secara pribadi oleh pemiliknya selain itu kepolisian thailand diketahui telah

Duh Tesla Resmi Investasi Di Thailand Indonesia Gimana
Jakarta perusahaan elon musk resmi melakukan penetrasi di thailand tesla company thailand ltd sudah teregistrasi sebagai perusahaan baru di thailand nilai investasi awal disebutkan sekitar 3 juta baht atau rp 1 2 triliun dicukil dari the thaiger informasi ini diperoleh dari laman department of business development ministry of commerce

Tesla Siap Ekspansi Thailand Kumparan Com
Tesla motors diam diam melakukan penetrasi ke thailand menurut bocoran perusahaan besutan elon musk tersebut akan menggelontorkan investasi sebesar 3 juta baht atau setara rp 1 2 triliun mengutip informasi dari thaiger informasi ini muncul melalui laman resmi department of business development dbd dan nama perusahaan tesla resmi

Tesla Belum Putuskan Investasi Ke Indonesia Luhut Harus Sabar
Luhut berujar keputusan investasi perusahaan milik elon musk untuk masuk ke tanah air membutuhkan proses dan waktu yang lama jadi kita harus sabar supaya nantinya bisa benar benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan ujar luhut dalam keterangannya senin 23 mei 2022

Investasi Tesla Di Indonesia Masuk Babak Baru Bagaimana Liputan6 Com
Meski demikian ia menyebut prospek investasi baterai di tanaha air lebih memberikan sentimen positif dibandingkan pabrikan kendaraan listrik positif sentimennya untuk mereka tapi saya melihat peluangnya lebih besar bila indonesia membuat baterai karena kita ini produksi timah dan nikel dan baterai itu menggunakan nikel sehingga lebih menarik investor ujar dia kepada liputan6 com

Gokil Nih Ri Dan Thailand Lagi Rebutan Tesla Bangun Pabrik News
Ri dan thailand lagi rebutan tesla bangun pabrik jakarta cnbc indonesia diam diam thailand sedang membidik tesla inc yang didirikan oleh elon musk untuk membangun pabrik mobil listrik di negaranya hal ini tentu jadi kabar mengejutkan di saat bersamaan indonesia juga sedang merayu tesla membangun pabrik khususnya fasilitas pabrik baterai

Investasi Tesla Jadi Masuk Ri Nggak Sih News
Jakarta cnbc indonesia nama perusahaan mobil listrik tesla masih disebut sebut pejabat saat berbicara soal investasi di industri otomotif pasca rencana perusahaan besutan elon musk itu menetapkan pabrik barunya di india kepala badan koordinasi penanaman modal bkpm bahlil lahadalia bicara soal kendaraan listrik di tanah air pada rapat kerja kementerian perdagangan kamis 4 3 2021

Begini Skema Pendanaan Elon Musk Untuk Beli Twitter
Begini kesepakatan elon musk untuk membeli twitter elon musk meningkatkan komitmen pembiayaannya menjadi us 33 5 miliar rp 489 triliun dari us 27 25 miliar rp 398 triliun ini termasuk

Tag Tesla Investasi Di Thailand Tesla Putuskan Masuk Ke Thailand
Tesla putuskan masuk ke thailand untuk investasi bagaimana dengan ri meskipun tesla belum secara resmi memasuki negara itu sudah ada cukup banyak kendaraan listrik tesla di thailand 32 menit lalu

Indonesia Bersaing Dengan Thailand Dan India Gaet Investasi Tesla Di Asia
Asiatoday id jakarta tesla mengincar asia sebagai salah satu basis investasi kendaraan listrik namun tesla belum memutuskan akan berlabuh ke negara mana indonesia harus bersaing dengan thailand dan india dalam menggaet investasi perusahaan elon musk itu deputi bidang koordinasi investasi dan pengembangan kemenko marves septian hario seto mengatakan produsen otomotif amerika serikat

Tesla Ajukan Investasi Baterai Ke Thailand Bagaimana Nasib Indonesia
Fayehicks com tesla dikabarkan tengah mengajukan permohonan untuk melakukan investasi baterai dan kendaraan listrik ev di pasar thailand read more maverick ada lamborghini urus electric dan tesla alami peretasan

Indef Beberkan Alasan Tesla Pilih India Daripada Indonesia Bisnis Com
Ini saja yang harus dilakukan dalam rangka menarik investasi untuk mendorong masing masing industri tegasnya rabu 24 2 sebelumnya wakil ketua umum asosiasi pengusaha indonesia apindo shinta kamdani juga memaparkan iklim usaha dan investasi merupakan poin terpenting guna menarik investor masuk ke indonesia

Tesla Putuskan Masuk Ke Thailand Untuk Investasi Bagaimana Dengan Ri
Tribunnews com new york tesla resmi memperluas ekspansi ke pasar thailand tesla company thailand ltd sudah teregistrasi sebagai perusahaan baru di thailand nilai investasi awal disebutkan

Perusahaan Tesla Sudah Resmi Masuk Ke Thailand Sebagai New Company
Ilustrasi pabrik tesla sumber ap photo dan dikutip dari oto detik com terkini id jakarta perusahaan milik elon musk tesla sudah melakukan pendaftaran di thailand sebagai new company di sana hal ini dilakukan elon musk yang sedang melakukan penetrasi di thailand bahkan perusahaan itu memiliki nilai awal investasi senilai rp 1 2 triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.