Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas, Diskop UKM Kutim Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Pengelola Koperasi

oleh -78 Dilihat

SANGATTA – Dalam upaya Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan kewirausahaan dalam mengelola dan mengembangkan Usaha Koperasi melalui inovasi dan kreatifitas dalam menangkap peluang dan potensi usaha di gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus/Pengelola Koperasi.

Pelatihan yang di gelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari Sabtu (11/3/2023) sampai dengan Senin (13/3/2023) di Teras Belad Sangatta Utara, dengan peserta sebanyak 30 orang pengurus/pengelola Koperasi yang bergerak di semua bidang usaha Koperasi se Kutim. Sebagai narasumber Zulkifli dan Ferdiansyah dari PLUT Mandiri Kaltim.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim Darsafani mengatakan saat ini pihaknya giat melakukan perubahan untuk perbaikan Koperasi, seperti memberikan pelatihan-pelatihan sampai dengan memberikan fasilitas.

“Jadi bekal yang di dapat saat pelatihan ini hendaknya di terapkan dengan benar. Saat ini kita akan menyeleksi Koperasi yang benar-benar modern/maju, apabila masuk kriteria kami rencananya akan memberikan reward,” ujarnya.

Lanjut Darsafani, reward itu akan diberikan kepada Koperasi yang menjalankan manajemen pengelolaan usahanya dengan baik, reward tersebut berupa satu unit Personal Komputer. Namun pemberian reward tersebut atas dasar aturan Kementerian yang berlaku.

Kemudian dirinya menambahkan, para pengurus/pengelola Koperasi yang sudah mendapatkan pelatihan untuk di evaluasi apakah sudah bisa menerapkan ilmu-ilmu yang didapat.

Darsafani menyampaikan untuk tahun 2023 ini, Dinas Koperasi akan melaksanakan pelatihan sebanyak 30 angkatan. “10 angkatan untuk kelembagaan, 10 angkatan untuk peningkatan usaha Koperasi dan 10 angkatan untuk UMKM,” bebernya.

Terakhir Darsafani menyebut, ending dari 30 kali pelatihan tersebut pihaknya akan mengadakan promosi pasar UMKM di 18 titik di 16 Kecamatan.

“Jadi bagi Koperasi-koperasi yang ada di Kecamatan, kami minta untuk di support dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan di seluruh sektor,” pungkasnya.

Turut hadir di acara pembukaan pelatihan ini, Camat Sangatta Utara Hasdiah, perwakilan Disperindag, perwakilan DPMPTSP, perwakilan Bappeda, perwakilan BPJS Kesehatan, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan dan Perwakilan BPR Kutai Timur serta undangan lainnya. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *