Usai Pesta Adat Lom Plai, Kadispar Kutim : Dampak Positif Dirasakan Masyarakat

oleh -69 Dilihat

SANGATTA- Perhelatan pesta budaya Lom Plai yang baru saja dilaksanakan terbilang sukses, selain berlangsung secara meriah, kegiatan yang menjadi bagian tradisi turun temurun warga suku Dayak Wehea di kecamatan Nehes Liah Being ini mampu menyedot ribuan masyarakat untuk hadir dan menyaksikan setiap rangkaian acara yang berakhir hingga malam hari.

“Kunjungan masyarakat luar biasa, walaupun saat siang kondisi cuaca cukup terik, tapi tidak menyurutkan antusiasme mereka untuk menyaksikan kegiatan yang di gelar setahun sekali ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur (Dispar Kutim) Nurullah pada Rabu (03/05/2023).

Selain kunjungan wisatawan yang diluar perkiraan, dampak postif lain juga di rasakan terutama para pelaku UMKM baik itu yang bergerak di bidang kuliner maupun ekonomi kreatif (ekraf) yang sengaja di siapkan oleh pihak panitia hasil kolaborasi apik antara Dispar dengan Dinas Koperasi dan UKM Kutim yang ikut serta memeriahkan pesta adat Lom Plai.

“Terjadi transaksi ekonomi yang cukup tinggi, hal itu bisa kita terlihat dengan banyaknya masyarakat yang mengunjungi setiap stand yang menjajakan berbagai olahan makanan termasuk souvenir khas masyarakat Dayak Wehea,” imbuhnya.

Dengan adanya dua indikator keberhasilan tersebut, Nurullah menyakini di tahun selanjutnya penyelenggaraan pesta budaya yang memiliki makna sebagai salah satu wujud rasa syukur setelah masa panen tiba ini dipastikan akan akan bertambah meriah dan sukses. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *