Asisten II Zubair: Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran Buat APBD Lebih Efektif

oleh -22 Dilihat

kaltimcyber.com. Asisten II Zubair: Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran Buat APBD Lebih Efektif – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) gelar kegiatan penguatan sinkronisasi perencanaan dan penganggaran Kabupaten Kutim, dalam rangka penyusunan APBD Kutim Tahun 2025.

Kegiatan yang di laksanakan di Hotel Novotel, Balikpapan tersebut di buka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setkab Kutim Zubair. Serta turut di hadiri oleh Kepala Bappeda Kutim Noviari Noor, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat se Kabupaten Kutim pejabat fungsional perencana perencana perangkat daerah dan undangan lainnya. Rabu, (8/5/2024).

Dalam kegiatan yang bertemakan “Pemantapan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat guna mendukung daya saing daerah” ini. Bappeda menghadirkan narasumber Dirjen Bina Pembangunan Daerah dari Kementrian Dalam Negeri RI dan Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV Komisi Pemberantasan Korupsi RI.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setkab Kutim Zubair, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini Bappeda akan memberikan informasi yang selengkap mungkin terkait dengan proses penyusunan perencanaan daerah kepada seluruh perangkat daerah.

“Sehingga setiap perangkat daerah mampu melakukan penyelarasan program-program prioritas yang akan dilaksanakan pada Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah,” kata zubair, sapaan akrab Asisten II Setkab Kutim.

Menurutnya, acara ini menjadi titik temu yang penting. Dimana mempertemukan dua elemen krusial dalam proses pembangunan, yaitu perencanaan dan penganggaran.

“Perencanaan yang matang dan terukur adalah kunci untuk mengarahkan arah pembangunan suatu daerah. Dengan perencanaan yang baik, kita dapat mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, menetapkan prioritas dan merumuskan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan yang baik,” tendasnya.

Terakhir, Zubair mengajak semua pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkab Kutim yang hadir untuk kegiatan ini, dapat pro aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Mari kita gunakan momentum ini dengan sebaik-baiknya untuk memperkuat sinergi antara perencanaan dan penganggaran, serta bersama-sama kita wujudkan Kabupaten Kutim yang lebih baik untuk generasi masa depan,” harapnya.

Asisten II Zubair: Sinkronisasi Perencanaan-Penganggaran Buat APBD Lebih Efektif

Sebelumnya Ketua Panitia, Marhadyn dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan RKPD Kutim Tahun Anggaran 2025 sampai dengan hari ini merupakan fase akhir yakni rancangan akhir RKPD 2025.

“Bappeda Kutim yang diberikan mandat oleh kepala daerah untuk mengkoordinir penyusunan perencanaan daerah, telah menyusun tahapan penyusunan RKPD 2025 secara terstruktur. Insyaallah kita dapat menyelesaikan sesuai jadwal yang telah diatur oleh Perundang-Undangan yang berakhir pada bulan juni 2024,” jelasnya.

Penyusunan RKPD Kabupaten Kutim Tahun 2025 merupakan implementasi terhadap rencana tahunan yang ketiga sebagai penjabaran RPJMD Kabupaten Kutim tahun 2021-2026 yang menetapkan tema pembangunan “Pemantapan dan Kesejahteraan Masyarakat Guna Mendukung Daya Saing Daerah”.

“Hari ini, menjadi ajang komitmen kami dalam rangka pelaksanaan amanat dari KPK RI. Dan pada kegiatan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada kita semua dalam komitmen kita dalam menguatkan proses sinkronisasi perencanaan dan anggaran dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Kutim Tahun Anggaran 2025,” pungkasnya. (Adv/1/3/5).

Post Views: 994

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *