Buka Pekan Raya Expo, Bupati Ingin Semua Camat Tampilkan Potensi Daerahnya

oleh -24 Dilihat

SANGATTA – Pekan Raya Expo Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 23 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dimulai. Ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, didepan pintu masuk utama Graha Expo Kutim, Selasa (11/10/2022).

Bupati Ardiansyah dalam kesempatan itu menyebut, usia 23 adalah usiah yang sedang. Dalam arti sedang berkembang. Begitu hal dengan Kabupaten Kutim yang saat ini sedang membangun.

“Tahun ini saya mengenalkan Kutai Timur dengan istilah Magic Land. Nah ini mohon direspon oleh saudara-saudara para camat,” pinta Ardiansyah.

Ia menjelaskan, “Magic Land” itu artinya daerah yang ajaib. Semua Kecamatan di Kutim memiliki potensi yang cukup. Baik potensi sumber daya alam(SDA), mulai darat, laut, udara dan sebagainya.

“Mohon di pameran ini, semua Kecamatan jangan sampai ada yang lupa mengenalkan potensinya,” tegasnya kembali.

Dirinya mencontohkan, di Kecamatan Teluk pandan Teluk Pandan terdapat kolam yang besar, di Danau Rendan. Selain disana juga terdapat

Goa, Air Terjun, Area Persawahan, TNK dan lain sebagainya.

“Responi itu semua, pamerkan itu semua. Biar masyarakat tahu Magic Land itu bukan sekedar omongan belaka,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Ardiansyah, Kecamatan Sangatta Selatan juga punya potensi. Yakni, Pantai Pasir Putih, Pantai Teluk Prancis dan seterusnya. Sangatta Utara, Kongbeng, Muara Wahau, terus sampai kepada Busang, Sandaran perbatasan Berau semua memilki potensi.

“Saya berharap semua camat sampaikan itu melalui visual atau audio visual di dalam pameran ini. Supaya orang Kutai Timur itu paham, ternyata Kutai Timur itu memili kekayaan alam yang luar biasa,” ucap orang nomor di Kutim ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia HUT ke 23 Kutim, Kasmidi Bulang yang juga Wakil Bupati Kutim mengatakan, rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Kutim ke 23, telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti Bupati Cup Mancing Mania dan telah sukses dilaksanakan dari tanggal 30 sampai dengan tanggal 2 Oktober 2022 yang lalu.

“Selanjutnya ada juga kegiatan kemarin Kirab Budaya, yang juga dilaksanakan tanggal 9 Oktober 2022. Sebelumnya tanggal 6-7 Oktober kita mengadakan kegiatan lomba-lomba tradisional di depan Halaman Kantor Bupati dan Alhamdulillah sudah selesai,” beber orang nomor dua di Pemkab Kutim ini.

Kemudian, sambung Kasmidi, Sidang Paripurna yang baru langsung di DPRD dengan agenda mendengarkan pidato Bupati kuno Timur. Sore hari ini (Selasa) dilanjutkan dengan Pembukaan Pekan Raya Expo Kutim Tahun 2022.

Kegiatan Pekan Raya Expo kali ini, terang Kasmidi, diikuti sebanyak 58 SKPD, 18 Kecamatan, 3 instansi vertikal, 2 Perbankan, 5 perusahaan tambang, 1 stand asosiasi perusahaan perkebunan, 1 stand paguyuban, 38 stand untuk UMKM dan 65 pedagang kaki lima.

“Expo inu mulai tanggal 10-16 Oktober dengan format memakai jasa EO (Event Organizer),” pungkasnya.

Diakhir, Bupati, Wabup, Sekda dan Forkopimda melakukan peninjauan disetiap stand expo yang ada di dalam Gedung Graha Expo Kutim. Selanjutnya dimalam hari dilanjutkan dengan Malam Ramah Tamah dan Launching Tenun Ikat, di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim. (G-S04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.