Dewan Minta Perusahaan Berkontribusi Membantu Mensejahterakan Masyarakat

oleh -28 Dilihat

kaltimcyber.com. Dewan Minta Perusahaan Berkontribusi Membantu Mensejahterakan Masyarakat – Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Faizal Rachman menyebut saat melakukan kunjungan ke Desa Pelawan, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutim, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) beberapa waktu lalu.

Dirinyapun tak menampik banyak mendapatkan masukan dan aspirasi dari masyarakat, terutama mengenai pemenuhan pembangunan infrastruktur dasar yang belum sepenuhnya di berikan oleh pemerintah daerah. Salah satunya terkait penyediaan sarana air bersih.

“Desa tersebut memang saat ini masih mengandalkan air sungai untuk mencukupi kebutuhan air bersih mereka, namun adanya aktifitas perusahaan yang berdampak terhadap kualitas air sungai tersebut, sampai sekarang warga masih enggan untuk menggunakan air dari sungai itu,” ujarnya.

Meskipun begitu, Faizal Menambahkan, persoalan lain yang dihadapi desa dengan 7 RT ini yakni masih kesulitan untuk menemukan titik sumber air yang layak konsumsi, dimana menurut warga setempat, mereka sudah beberapa kali mencoba membuat sumur bor, namun gagal.

“sudah coba beberapa titik, namun kualitasnya tidak ada yang bagus, bau airnya kayak belerang,” ucap Faizal.

Untuk itu, dirinya meminta pihak swasta terutama perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut yakni PT Etam Bersama Lestari untuk ikut berkontribusi dalam membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan air bersih.

Selain bentuk kepedulian, Hal itu juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat di sekitar perusahaan.

Legislator PDIP ini berharap kesadaran perusahaan dalam membantu menyejahterakan masyarakat di sekitar tempat perusahaan beroperasi. Sebab ketika ada perusahaan masuk di suatu daerah, masyarakat hanya menginginkan mereka diperhatikan bukan diabaikan.

“Konsep CSR yang benar adalah harus pembangunan yang berkelanjutan. Sehingga manfaat yang bisa dirasakan masyarakat memiliki jangka menengah ataupun jangka panjang. Seperti pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat contohnya air bersih, atupun fasilitas publik,” terangnya

“Makanya saya minta ke perusahaan untuk membantu perencanaan agar kebutuhan air di desa tersebut bisa terpenuhi. Dan sekarang mereka sedang mencoba membuat sumur bor, nanti kita kan lihat bagaimana airnya, layak atau tidak untuk di konsumsi,” pungkasnya.

Dewan Minta Perusahaan Berkontribusi Membantu Mensejahterakan Masyarakat

Kepala Desa Pelawan Parhan mengaku selama ini sebagian masyarakatnya memanfaatkan sungai untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

Namun, semenjak adanya dugaan pencemaran yang di lakukan oleh perusahaan yang berada dekat dengan desa tersebut, warga masih enggan menggunakan air bersih untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Faizal yang berinisiatif ingin membangun sumur bor dan juga meminta kepada perusahaan untuk terlibat dan berkontribusi membantu untuk masyarakat mendapatkan air bersih,” ucap Parhan.(adv/dprd/05/Wa)

Post Views: 1,088

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *