Diikuti Ribuan Peserta, Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar Berlangsung Meriah

oleh -36 Dilihat

SANGATTA – Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pendidikan berlangsung meriah dengan diikuti ribuan peserta yang terdiri Kategori Pelajar, Instansi dan Umum, Minggu, (28/8/2022).

Lomba gerak jalan ini merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan HUT RI ke 77 dan sebagai tanda resminya implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kutim.

Untuk kategori pelajar, jenjang Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) diikuti 19 regu, sedangkan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTS) diikuti 19 regu, jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) dan Perguruan Tinggi diikuti 12 regu. Untuk kategori Instansi Pemerintah yang ikut ada 18 regu dan kategori Umum sebanyak 38 regu.

Gerak Jalan secara resmi dilepas oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, pada pukul 08.00 Wita dengan mengangkat bendera start di depan SMPN 1 Sangatta Utara dengan disaksikan oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua I DPRD Arfan, Wakil Ketua II DPRD Asti Mazar, unsur Forkopimda lainnya, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Kutim dan lainnya.

Sebelumnya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan selain melaksanakan gerak jalan, intinya adalah melaksanakan kebersamaan dan semangat kepada anak didik untuk bisa berkarya lebih banyak pada implementasi kurikulum merdeka belajar.

“Selain itu juga memberikan kesempatan kepada para pendidik untuk terus berkembang dalam memberikan ruang yang besar kepada anak didik dalam konsep merdeka belajar,” ujarnya.

Ditambahkannya, semoga lomba gerak jalan dalam rangka peringatanHUT RI ke 77 ini seluruh komponen masyarakat Indonesia dan Kutim khususnya dapat memberikan semangat pada kurikulum terbaru (Kurikulum Merdeka Belajar).

“Semoga Kurikulum ini lebih mampu menghasilkan putra-putri bangsa Indonesia, putra-putri Kutim yang terbaik dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang,” harap Ardiansyah.

Sementara itu disampaikan oleh Ketua Panitia sekaligus Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim Irma Yuwinda, tujuan dilaksanakan lomba gerak jalan Merdeka Belajar ini untuk mempererat rasa persatuan, kebersamaan dan persaudaraan antar sesama peserta lomba dan dunia pendidikan pada khususnya.

“Selain itu tujuan diadakan lomba gerak jalan ini adalah menumbuhkan rasa tanggungjawab dan jiwa kepemimpinan serta rasa nasionalisme yang tinggi dan memasyarakatkan program Merdeka Belajar,” tutur Irma.

Dirinya menambahkan star gerak jalan dimulai di SMP Negeri 1 Sangatta dan finish di Kantor Kecamatan Sangatta Utara. Untuk penilaian dalam upaya mengusung objektivitas yang bertindak sebagai juri murni dari unsur TNI-Polri.

Salah satu peserta saat melakukan atraksi yel-yel.

Untuk diketahui, dalam lomba gerak jalan ini para peserta wajib menampilkan yel-yel selama tiga menit didepan panggung kehormatan yang berada di depan Bank Danamon jalan Yos Sudarso II Sangatta Utara. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.