Kembangkan Sistem Informasi Evaluasi Terintegrasi, Bappeda Kutim Sosialisasikan EVDOREN

oleh -21 Dilihat

SAMARINDA – Untukuk menjamin pelaksanaan proses evaluasi pelaksanaan APBD, perlunya dikembangkan Sistem Informasi yang mampu menjamin efektifitas pelaksanaan proses tersebut.

Terkait hal tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur (Kutim) yang mengemban tugas untuk melakukan proses perencanaan sekaligus melakukan fungsi pengendalian dan evaluasi APBD, berupaya untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi evaluasi yang telah ada menjadi sebuah sistem informasi evaluasi yang terintegrasi yang dinamakan EVDOREN (Evaluasi Dokumen Perencanaan).

Sosialisasi EVDOREN dilaksanakan di hotel Bumi Senyiur Samarinda, Jum’at (28/10/2022) yang diikuti 147 peserta dari Perangkat Daerah (PD) se Kutim. Sosialisasi tersebut menghadirkan beberapa narasumber antara lain, Asissten II Seskab Bidang Ekonomi dan Pembangunan Zubair, Kepala Bidang Perencanaan dan Pendanaan Bappeda Provinsi Kaltim dan Tim Konsultan Evdoren.

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda Kutim, Noviari Noor menyampaikan, Aplikasi EVDOREN menjadi sangat penting untuk menjawab semua kendala dan permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kutim.

“Dengan adanya Aplikasi EVDOREN dapat mempermudah proses pelaporan, sehingga laporan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Rencana kerja perangkat daerah dapat disusun dan disampaikan lebih efisien dan tepat waktu,” ungkap Novi sapaan akrabnya.

Diterapkannya teknologi dalam berbagai pekerjaan dan semakin berkembangnya kegiatan pemerintah melalui elektronik government (E-Gov) diharapkan akan memudahkan perwujudan tata kelola pemerintah yang baik. dimulai dari proses perencanaan sampai pada proses pelaporan dan evaluasi.

Sementara itu Asisten II Seskab Bidang Ekonomi dan Pemabangunan, Zubair hadir sebagai narasumber dan didapuk untuk membuka kegiatan sosialisasi Evdoren tersebut, dirinya pun mengapresiasi kegiatan ini dalam mendukung upaya percepatan pemerintah yang professional.

“Sosialisasi pada hari ini diharapkan mampu menjembatani kebutuhan dalam mendukung pemerintah yang akuntabel dan transparan dalam pelaksanaan program dan kegiatan di PD. Pemantauan pelaksanaan rencana pembangunan dan capaian kinerja akan tergambar jelas melalui apliaksi EVDOREN ini,” ujar Zubair

Zubair juga mengajak peserta sosialisasi untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi ini agar dapat mempermudah para pengguna pada setiap satuan kerja untuk membuat laporan dalam berbagai format yang telah disediakan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.