Kirab Budaya Berlangsung Meriah, Akan Diagendakan Setiap Tahun

oleh -22 Dilihat

SANGATTA – Kirab Budaya yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan HUT ke 23 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berlangsung meriah dan menyedot perhatian masyarakat. Kirab yang digelar oleh Pemkab Kutim melalui Dinas Kebudayaan tersebut dilepas oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman di Gapura jalan Margo Santoso dan finish di Halaman Kantor Camat Sangatta Utara, minggu (9/10/2022).

Peserta kirab budaya tersebut terdiri dari berbagai unsur, seperti Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkab Kutim, Forkopimda dan paguyuban-paguyuban. Kirab yang berjarak kurang lebih 1,7 kilometer tersebut melewati Jl. Yos Sudarso II dan tepat di panggung kehormatan depan Bank Danamon para peserta menampilkan atraksi dan yel-yel sekitar 3 menit kemudian melanjutkan sampai ke garis finish.

Tampak di panggung kehormatan, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodiqin, Kajari Kutim Henriyadi W Putro, Wakapolres Kompol Damus Asa, Pasiter Kodim 0909/KTM Kapten Inf Arif Safardiyatno, Seskab Rizal Hadi, Asisten Administrasi Umum Jamiatulkhair Daik, Asisten Pemerintah Umum dan Kesra Poniso Suryo Renggono, para Kepala PD dan lainnya.

Ditemui usai Kirab Budaya Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan Kirab Budaya ini akan dilaksanakan setiap tahun dan akan menjadi salah satu brand dalam rangkaian HUT Kutim.

“Seperti dilihat bersama Kirab berlangsung sangat meriah dan kreatifitas-kreatifitas peserta bermunculan, harapannya ini mempunyai dampak positif kepada masyarakat dalam berkreasi dan menghidupkan UMKM yang ada di sekitar acara, selain itu masyarakat bisa melihat berbagai macam budaya tanah air,” ujar Kasmidi.

Atas nama panitia besar HUT Kutim ke 23 dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dan Dinas Kebudayaan selaku panitia teknis yang sukses menggelar Kirab Budaya tahun ini. Tak lupa dirinya mengucapkan terimakasih kepada pihak keamanan dan lainnya yang telah mensuport kegiatan ini.

“Semoga semua rangkaian yang kita agendakan dalam peringatan HUT Kutim berjalan lancar. Nanti juga akan ada expo yang didalamnya ada pameran, peragaan busana, sisi-sisi informasi kepada masyarakat, seni, musik dan lainnya,” kata ia.

Tak lupa Kasmidi menyampaikan, nanti di expo akan ada grup musik ternama yang akan menghibur masyarakat Kutim, yaitu grup band Anima dan Five Minutes. Selain itu di malam ramah tamah pada malam 12 Oktober 2022 akan ada performance GIGI Band.

“Doakan saja program-program yang kita rencanakan bisa berjalan sesuai agenda. Harapannya di hari jadi ke 23 Kutim dapat menampilkan perkembangan, menampilkan informasi kemajuan dan membantu UMKM pasca Covid 19” pungkasnya.

Ditempat itu Hendra Ekayana selaku Kabid Kesenian, Tradisi dan Perfilman Dinas Kebudayaan Kutim mengatakan dalam Kirab Budaya ini diikuti oleh 42 peserta yang terdiri dari Perangkat Daerah, Paguyuban-paguyuban dan Umum.

“Sesuai arahan tadi, Kami dari Dinas Kebudayaan siap mengagendakan Kirab Budaya ini untuk dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangkaian peringatan HUT Kutim,” ujar Hendra. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.