Kolaborasi Musik Modern, Sampe Dayak, Tingkilan Serta Gendang, lagu Sungai Sangatta Juara III di Festival Musik Kreasi Daerah

oleh -80 Dilihat

SAMARINDA – Membawakan lagu yang berjudul “Sungai Sangatta” ciptaan Ahamd Rifanie, Tim Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Timur (Kutim) berhasil meraih juara ketiga pada lomba Musik Kreasi Daerah di ajang Kaltim Festival 2023 yang dilaksanakan di Hall Indoor Samarinda Convention Center, Sabtu (8/7/2023).

Lagu yang berjudul “Sungai Sangatta” ini menceritakan tentang sungai Sangatta di Kutim yang dikenal dengan buayanya, sungainya yang Panjang dan berliku serta memiliki keindahan dengan pesona wisatanya (Prevab dan TNK) yang dikemas dalam musik modern yang dikolaborasikan dengan sampe dayak dan tingkilan serta gendang.

Tim Dispar ini diisi personal sebanyak delapan orang yang terdiri dari Ahmad Rifanie (keyboard), Daniel (Sampe), Kasmin (Okulele), Hermawan (Bass), Sayid (Gambus), Gendang (Ibnu) dan para senior.

Kepada Tim Diskominfo Staper Kutim, Ahmad Rifanie yang juga sebagai Kabid Ekraf di Dispar Kutim melalui pesan WhatsApp mengatakan tim ini grup musik yang diikutkan dalam lomba kreasi musik daerah yang musiknya bersifat kreatif dengan mendahulukan nafas/akar/roh budaya daerah Kalimantan Timur sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, pada Kriteria penilaiannya terkait Teknik meliputi dinamika, harmonisasi, ritmik, kreativitas garapan dan tingkat kesulitan, Kemudian  Ekspresi (sesuai tema garapan), Kekompakan dan Penampilan.

“Disini durasi penampilan tiap-tiap peserta lomba selama 5 – 8 menit yang diwajibkan memainkan alat musik tradisi dari masing-masing daerah,” kata ia

Namun, lanjutnya, peserta dibolehkan menggunakan alat musik modern baik elektrik maupun akustik maksimal 3 (tiga) jenis alat musik modern. Ini hanya sebagai pendukung, atau pelengkap dan dimainkan tidak sebagai melodi tetapi sebagai rythim.

“Alhamdullikah kita (Kutim) meraih juara 3, dibawah Paser yang meraih juara 1 dan Balikpapan juara 2,” ujar Rifanie.

Untuk diketahui pada Kaltim Festival 2023 ini terdiri dari Festival Kemilau, Kaltim Dance, dan Pekan Kreatif Kalimantan Timur yang mana didalamnya terdiri dari lomba Musik Kreasi Daerah, Tari Kreasi Daerah, Parade Pawai Kreasi Daerah dan Pakaian Batik Kreasi. (ADV/G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *