LDII Kutim Sembelih 168 Sapi dan 73 Kambing, Perputaran Ekonomi Senilai Rp3,5 M

oleh -55 Dilihat

SANGATTA – Di tengah musim ibadah haji, salah satu organisasi masyarakat keagamaan ini mampu turut berperan melakukan perputaran ekonomi daerah. Di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) mencatatkan peningkatan hewan kurban.

Setelah melaksanakan ibadah Salat Idul Adha 1444 Hijriah, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kutai Timur melanjutkan agenda penyembelihan hewan kurban, Kamis (29/6/2023).

Penyembelihan dilakukan secara bersamaan di sejumlah masjid naungan DPD LDII di Kutim, terpusat di lingkungan Masjid Ulul Albaab, Jalan Permai Raya, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara.

Ketua Panitia Kurban DPD LDII Kutim, Siswahyudi menjelaskan, hingga hari ini, Jumat (30/6/2023), penyembelihan hewan kurban LDII Kutim tercatat sebanyak 168 sapi dan 73 kambing.

“Atau dengan kata lain, DPD LDII Kutim melakukan penyembelihan hewan kurban dengan perputaran ekonomi dari nilai hewan kurban yang dirupiahkan sebesar Rp3,5 miliar (Rp3.557.000.000),” beber Siswahyudi.

Sekretaris DPD LDII Kutim, Imam S Lutfi SH MH mengatakan, penyembelihan hewan kurban tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan. Itu juga menjadi kewajiban warga LDII sebagai umat Islam dalam menjalankan syariat agama.

“Lantaran kepahaman akan wajibnya berkurban, itulah yang mendorong warga LDII berlomba-lomba melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban pada moment Iduladha. Karena, tidak ada amalan paling besar ganjaran pahalanya pada hari ini (Iduladha) selain melaksanakan kurban, kecuali orang yang pergi berjihad untuk agama Allah dengan membawa seluruh harta-bendanya, lalu pulang hanya tinggal nama,” papar Imam Lutfi.

Ketua DPD LDII Kutim, Damuri SP MSi menyatakan, setelah berhasil melaksanakan penyembelihan 168 sapi dan 73 kambing pada hari H Idul Adha, para pengurus langsung membagikan daging kurban maupun hewan sembelihan kepada warga. Juga, kepada sejumlah lembaga maupun ormas mitra LDII maupun yang telah mengajukan proposal. Salah satu pembagian dilakukan dengan menggunakan besek, keranjang tradisional.

“Harapan kami semoga apa yang dilakukan warga LDII yang diurus sedimikian rupa oleh para pengurus DPD LDII Kutim, ini mendapat ganjaran pahala sebagaimana dalilnya tersebut. Kami juga tentunya berharap pembagian daging dan hewan kurban sembelihan itu dapat memberi manfaat kepada masyarakat luas, juga bermanfaat bagi perputaran ekonomi daerah kita tercinta ini,” harap Damuri. (lines/pri/teo/tar/jak/did/rc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *