Panaskan Mesin Politik, Partai Demokrat Gelar Fit And Proper Test ke DPAC Kutim

oleh -46 Dilihat

Sangatta – Untuk memastikan kesiapan mesin Partai menyongsong Pemilu 2024 mendatang. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (16/6/2022) menggelar fit and proper test secara virtual kepada ke seluruh calon ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) se Kutai Timur (Kutim) yang berlangsung di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kutim, Gang Antasari, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara.

Dalam kesempatan itu Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim Irwan diwakili Sekretaris DPD Partai Demokrat Kaltim, Wibowo Handoko menyampaikan bahwa kegiatan fit and proper test calon ketua DPAC se-Kutim merupakan bagian dari rangkaian proses konsolidasi internal Partai Demokrat di Kaltim usai menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) dan Musyawarah Cabang (Muscab) yang dilakukan secara serentak.

“Dan selanjutnya dilakukan pada hari ini adalah dilakukan fit and proper test kepada calon ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang se Kabupaten Kutai Timur. Hal ini untuk memastikan kesiapan mesin Partai menyongsong Pemilu 2024 mendatang,” kata Wibowo Handoko saat menyampaikan sambutannya di hadapan seluruh Calon Ketua DPAC Partai Demokrat.

Sementara itu, Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPD PD Kaltim, Andi Andis menyampaikan jika fit and proper test yang diselenggarakan hari ini merupakan yang terakhir, dimana Kutim merupakan DPC yang kesembilan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada calon ketua DPAC.

“Artinya sudah ada delapan DPC sejak kemarin (15 juni 2022) kita lakukan mulai pukul 10.00 Wib dan berakhir pada pukul 22.00 Wib Juga dan untuk Kutai Timur hari ini kita bertemu di pukul 16.40 Wib. Adanya fit and proper test ini adalah agenda konsolidasi Partai Demokrat se-Kalimantan Timur guna memastikan verifikasi Partai Politik hingga tingkat PAC dan Ranting bisa terselanggara dengan benar dan baik secara administratif maupun secara suprastruktur hingga akar ranting,” Jelasnya

Dilokasi yang sama Ketua DPC Partai Demokrat Kutim Ordiansyah mengatakan fit and proper test ini merupakan rangkai kegiatan pemilihan Calon ketua DPAC yang nantinya kemudian akan ditetapkan oleh DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Timur.

“jadi ketua DPACnya nanti akan ditetapkan oleh DPD Partai Demokrat Kaltim, sementara dalam hal ini DPC Partai Demokrat Kutim hanya memfasilitasi dan mengusulkan kandidat untuk dilakukan fit and proper test oleh DPD,” Terangnya kepada media ini

Dijelaskannya, fit and proper test ini merupakan salah satu penilaian dari DPD Partai Demokrat Kaltim sebelum menentukan Ketua DPACnya. Sehingga para calon ketua DPAC yang akan ditetapkan nantinya memang merupakan orang yang diyakini mampu terus menggerakkan mesin Partai di akar rumput.

“inikan ada calon lebih dari satu misalnya, Ketua DPD yang akan menginterview semuanya, terutama melihat kesiapan para calon Ketua DPAC agar bisa membesarkan Partai Demokrat hingga akar rumput,” Tutupnya

Lebih lanjut, setelah nantinya ada penetapan ketua DPAC se Kutai Timur yang di lakukan oleh DPD Partai Demokrat, Ordiansyah berharap agar para Ketua DPAC yang di pilih tersebut bisa langsung bekerja untuk membentuk Ranting di setiap Desa.

“Karena kebutuhan kita untuk verifikasi Partai Politik peserta pemilu sangat mendesak ini. Jadi tidak ada waktu lagi kita untuk bersantai-santai. Makanya kita kumpulkan ini agar tidak ada waktu yang terbuang.” tutupnya (*/TK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.