Pemkab Kutim Apresiasi Inovasi Perumdam TTB Bangun Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

oleh -29 Dilihat

kaltimcyber.com. Pemkab Kutim Apresiasi Inovasi Perumdam TTB Bangun Pabrik Air Minum Dalam Kemasan – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman apresiasi inovasi yang dilakukan oleh Perumdam Tirta Tuah Benua (TTB) Kutim.

Menurutnya, langkah ini sejalan dengan perkembangan perusahaan air minum di tempat lain yang telah berinovasi dalam memproduksi air kemasan, yang tidak hanya meningkatkan pelayanan tetapi juga menambah pendapatan perusahaan.

“Ketika saya sampaikan ide ini ke Perumdam, mereka langsung melakukan kajian. Kami juga sempat mengunjungi pabrik AMDK di Yogyakarta dan menemukan kesamaan dengan apa yang direncanakan di sini,” tambahnya.

Dengan ground breaking ini, Ardiansyah optimistis produk AMDK dari Kutim akan menjadi program unggulan di masa depan. Ia juga berharap Pemerintah Kutim akan menjadi konsumen pertama dari produk ini, menunjukkan komitmen untuk mendukung inovasi lokal.

Selain itu, ia membuka kemungkinan untuk menyelenggarakan sayembara untuk menentukan nama produk air minum tersebut, sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan bersama.

“Semoga setelah produksi AMDK ini siap, kita bisa memperkenalkan produk ini dengan nama yang membanggakan. Mungkin bisa melalui sayembara atau metode lain yang melibatkan masyarakat,” tutupnya.

Dengan langkah ini, Kutim bersiap menapaki babak baru dalam penyediaan air minum berkualitas, terinspirasi dari keberhasilan Kabupaten Jembrana, Bali, dalam mengolah air laut menjadi air siap minum.

Selama ini, Perumdam TTB Kutim telah berhasil menyediakan pengelolaan air bersih di berbagai wilayah, tetapi air minum langsung dari keran belum menjadi bagian dari pelayanan mereka.

Beberapa waktu lalu, Perumdam Kutim mulai uji coba dengan menyiapkan tiga titik keran air siap minum di Kantor Bupati, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga, dan Masjid Agung Al Faruq .“Kalau haus, cukup buka keran dan langsung minum,” ujar Ardiansyah.

Sebelumnya, air siap minum pihaknya sudah memulai sejak tahun 2012 dan untuk pabrik AMDK ini dimulai tahun 2021. Ketika itu dirinya mendapatkan informasi dari beberapa daerah yang lebih dahulu sudah melakukan hal tersebut.

Pemkab Kutim Apresiasi Inovasi Perumdam TTB Bangun Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

“Setalah saya dapat info banyak dari beberapa daerah dan alhamdulillah dua-duanya sudah kita lakukan,” terangnya.

Pihaknya juga berharap, dengan produk ini perumdam bisa menyiapkan air kemasan yang bisa dikonsumsi masyarakat Kutim.

“Kita harapkan bisa memenuhi konsumsi air minum bagi mereka masyarakat yang ada dimana-mana, seperti mengurus sesuatu di kawasan halaman perkantoran Bukit Pelangi. Di sisi lain, ini adalah nilai usaha yang luar biasa untuk perumdam terutama bagi peningkatan pendapatannya,” tutupnya. (adv/kominfo)

Post Views: 866

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *