Penguatan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Sutomo Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

oleh -18 Dilihat

BERAU – Dengan mengusung Tema ”Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara, UUD NKRI Sebagai Konstitusi Negara, Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Sutomo Jabir menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Kampung Sukan Tengah Kecamatan Sambaliung Berau, Sabtu (05/11/2022).

Dikesempatan ini Sutomo menyampaikan bahwa sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini adalah untuk pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya Sutomo mengingatkan pentingnya menjaga ideologi Pancasila dan kesatuan bangsa di dalam kerangka NKRI karena Pancasila merupakan dasar negara  dan setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya membela Negara sesuai isi UUD 1945 Pasal 27 Ayat 3.

“Terkait hal ini kami sebagai Anggota DPRD berkewajiban untuk mengedukasi masyarakat, salah satunya Terkait wawasan kebangsaan,” ujar Sutomo.

Dirinya menambahkan derasnya pengaruh globalisasi dimana di era digital saat ini bisa saja ada faham-faham yang bisa memecah belah persatuan melalui dunia maya, oleh karena itu perlu ada filter yang melindungi, salah satunya dengan menanamkan wawasan kebangsaan seperti yang dilaksanakan ini.

“Ini menjadi tugas bersama mengedukasi masyarakat, baik anggota DPRD, pemerintah dan semua elemen masyarakat agar generasi muda tidak mudah terpengaruh terhadap faham-faham dari dunia luar yang bisa merusak jati diri kita sebagai suatu bangsa yang akan melemahkan rasa nasionalisme” ucapnya.

Dirinya meminta agar senantiasa menjunjung tinggi nilai nilai persatuan yang terkandung dalam Pancasila serta mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari hari.

“Agar terciptanya nilai-nilai persatuan dan terjaga kondusifitas di wilayah kita, maka semuanya wajib mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pesannya

Terkahir legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa ini berharap para peserta yang mengikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini dapat menggunakan kesempatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya dalam rangka memelihara keutuhan NKRI karena Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara.

Turut hadir di kegiatan ini Dosen Universitas Muhammadiyah Berau Fachrudin Rijadi, Danramil 0902-05/Sambaiung Kapten Inf Haeruddin Alwin dan Kepala Kampung Sukan Tengah Bunyamin, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga sekitar. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.