Percepat Progres Serapan Anggaran, Pemkab Kutim Gelar Radalok

oleh -116 Dilihat

Samarinda. Percepat Progres Serapan Anggaran, Pemkab Kutim Gelar Radalok – Untuk memonitoring dan mengevaluasi pencapaian target setiap kegiatan di Perangkat Daerah (PD) agar bisa segera terealisasi sesuai perencanaan,Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada Selasa (27/6/2023) menggelar Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (Radalok) 2023 Triwulan II di Ballroom Hotel Aston, Samarinda.

Kegiatan radalok ini dibuka langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, dan turut hadir Sekretaris Kabupaten Kutim Rizali Hadi, Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Poniso Suryo Renggono, Asisten Ekonomi Pembangunan Zubair, plt. Asisten Administrasi Umum Didi Herdiansyah, ketua panitia pelaksana Kabag Administrasi dan Pembangunan Sekkab Kutim Insan Bowo Asmoro, serta turut dihadiri seluruh Kapala OPD dan Camat di Lingkup Pemkab Kutim.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya menyebutkan bahwa Radalok merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pelaksanaan kegiatan pembangunan, yang diselenggarakan dari tahun ke tahun, serta dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan.

“Pengendalian ditujukan untuk menjamin agar pembangunan direncanakan dan dilaksanakan sebaik mungkin. Diantaranya memperhatikan dan mempergunakan tata cara pemerintahan yang baik, efisien dan efektif,” kata Ardiansyah.

Lanjut Bupati mengikuti peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, pelaksanaan kegiatan pembangunan dapat selesai pada waktu yang ditetapkan.

Selanjutnya menghasilkan manfaat yang optimal bagi masyarakat luas serta menjamin pelaksanaan pembangunan selanjutnya.

Oleh sebab itu kata Bupati, koordinasi maupun pengendalian adalah fungsi manajemen yang harus dilaksanakan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai sasaran. Mengingat APBD Tahun 2023 sudah berjalan hingga akhir triwulan II dan akan memasuki triwulan III, maka kepada OPD agar bekerja keras memanfaatkan waktu secara efektif sesuai dengan jadwal pelaksanaan kegiatan.

“Rapat koordinasi seperti ini bukan untuk mencari kelemahan pengguna anggaran para kepala PD, tetapi sebaliknya melalui Radalok ini dapat mengidentifikasi secara dini serta mengantisipasi permasalahan yang akan terjadi untuk dapat diambil tindakan pencegahan dan koreksi sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa kinerja Perangkat Daerah menentukan keberhasilan visi dan misi Kabupaten Kutai Timur Tahun 2021-2026 yang telah tertuang dalam dokumen RPJMD.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada seluruh Perangkat Daerah yang dengan disiplin dan konsisten melaporkan pelaksanaan kegiatannya secara benar dan tepat waktu. Hanya saja dikarenakan masa tugas Kepala Daerah hanya sampai 2024, maka saya minta kepada seluruh Perangkat Daerah untuk dapat melakukan percepatan realisasi program RPJMD yang diharapkan pada tahun 2024 dapat terlihat progres pembangunan walaupun belum sepenuhnya tercapai,” pintanya.

Percepat Progres Serapan Anggaran, Pemkab Kutim Gelar Radalok

Senada Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang saat ditemui awak media juga berharap semua progres pelaksanaan kegiatan pembangunan jalannya bisa lebih cepat.

“Seperti apa yang dikatakan Bupati bahwa ada beberapa kegiatan-kegiatan besar seperti multiyears dan ini sementara berproses lelang dan ada pemenang. Harapan kita di awal Juli jalannya harus lebih cepat,” harap Wabup Kutim.

Oleh karena itu kata Wabup pihaknya akan mempertegas kepada Perangkat Daerah untuk segera menindaklanjuti semua program-program yang ada di OPD-nya.

Dirinya juga menekankan kepada PD untuk tidak melihat program itu dari siapa dan dari mana. “Karena semua itu sudah melalui proses Musrenbang dan sudah masuk dalam pembahasan DPRD. Jadi semua yang masuk dalam rekapan APBD, DPA masing-masing SKPD itu wajib untuk dilaksanakan,” tegasnya.

Post Views: 138

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *