Selama 3 Hari Produsen Data Dibekali Pelatihan Penyusunan Metadata Oleh Diskominfosp

oleh -61 Dilihat

Sangatta. Selama 3 Hari Produsen Data Dibekali Pelatihan Penyusunan Metadata Oleh Diskominfosp – Dalam rangka menciptakan data yang akurat dan mudah dibagi pakaikan, maka diperlukan pelatihan dan penyusunan Metadata agar dapat memberikan transparansi pada suatu statistik, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai statistik tersebut dan relevansinya dengan kegiatan penelitian yang dilakukan

Tersedianya metadata tidak hanya membantu dalam menginterpretasi, menganalisis, dan memahami data, tetapi juga dapat membantu pengguna dalam mengidentifikasi data-data yang relevan.

Sebagai wali data, Diskominfo Kutim Gelar Pelatihan Penyusunan Metadata Statistik Sektoral. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Diskominfosp Rasyid. Turut hadir, Kabid Infrastruktur TI dan Persandian Sulisman, Plt Kabid Statistik Aji Ahmad Karmani, Perwakilan OPD serta undangan lainnya. Kamis (06/07/23)

Kegiatan pelatihan dan penyusunan meta data tersebut digelar selama tiga hari di Hotel Victoria sejak 6 sampai dengan 8 Juli 2023

Dalam sambutannya Sekretaris Kominfo Rasyid mengungkapkan bahwa perkembangan informasi komunikasi yang semakin pesat, dan semakin kritisnya sikap publik terhadap pelaksanaan dan hasil pembangunan yang sedang dilaksanakan, maka pemerintah harus mampu menyediakan data dan informasi yang akurat sebagai dasar perencanaan yang terukur, logis, terpadu dan terintegrasi.

“Demikian pula hal data memiliki fungsi yang sangat strategis, sebagai dasar suatu perencanaan, dan membuat keputusan serta sebagai alat pengendalian”. Ujarnya

Dirinya pun berharap, dengan adanya Pelatihan Penyusunan Metadata Statistik Sektoral, maka data yang dihasilkan menjadi mudah diinterpretasikan serta tingkat konfidensialitas data semakin meningkat.

“Data yang baik tentunya memiliki akurasi data, valid dan tentu saja data yang sudah memiliki metadata yang definisinya merupakan sebuah konsep yang telah baku.”Jelasnya.

Selama 3 Hari Produsen Data Dibekali Pelatihan Penyusunan Metadata Oleh Diskominfosp

Adapun tujuan pelaksanaan pada kegiatan pelatihan penyusunan meta data tersebut menurut Rasyid, untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam penyusunan meta kegiatan, indikator dan variabel.

“Selain itu memberikan pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengelola, menyusun, dan mendokumentasikan data dan kegiatan statistik sektoral dengan baik, serta pemahaman akan alur tata laksana penyelenggaraan kegiatan statistik.” Ungkapnya

Adapun peserta pelatihan sebagian dari pejabat dan staf teknis PD yang bertugas menangani langsung terkait data. Diantaranya Bappeda, Disdik, Disbun, DPMPTSP, Dinas Sosial, Disdukcapil, DPMDes, Dinkes, dan Diskop UKM.

.

Post Views: 13

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *