Tanamkan Nilai-nilai Pancasila, Sutomo Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Tanjung Redeb

oleh -78 Dilihat

TANJUNG REDEB – Masyarakat menyadari saat ini nilai-nilai pancasila dan wawasan kebangsaan mulai terkikis dengan adanya kemajuan teknologi yang begitu dahsyat yang terkadang mengurangi rasa cinta tanah air.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir saat melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Wilayah VI Kabupaten Berau di jalan Pulau Panjang, Kelurahan Tanjung Redeb, KecamatanTanjung Redeb, sabtu (13/5/2023).

Sutomo mencontohkan, terkikisnya nilai-nilai pancasila tersebut seperti kegotongroyongan di masyarakat semakin berkurang, rasa menghargai terhadap sesama juga agak berkurang.

“Bahkan rasa tepa salira (tenggang rasa) kadang sudah pudar akibat adanya kemajuan teknologi, yang mana untuk berkomunikasi dengan sesama pun banyak menggunakan alat-alat tekhnologi tanpa bersilaturahmi langsung,” ujar politisi dari PKB ini.

Dengan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini, sambung Sutomo, diharapkan jati diri bangsa yang mengutamakan kebersamaan dan gotongroyong seperti yang dilakukan oleh pendiri bangsa IndonesiaI akan kembali tumbuh.

“Jiwa-jiwa karakter bangsa seperti itulah yang ingin kita tanamkan kembali kepada seluruh anak bangsa,” kata ia.

Yang menjadi narasumber pada Sosbang ini, Fachrudin Rijadi dosen di salah satu universitas di Berau dan Husrianta dari GP Ansor. Turut hadir masyarakat dari berbagai elemen, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pengurus LPM dan lainnya. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *