TP PKK Kutim Gelar Lomba Masak Serba Ikan, Kecamatan Batu Ampar Raih Juara Umum

oleh -22 Dilihat

SANGATTA – Guna meningkatkan pengetahuan keterampilan memasak dari bahan baku ikan serta upaya pencegahan stunting dan meningkatkan kecerdasan anak TP-PKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kutim menggelar Lomba Masak Serba Ikan yang diikuti 18 Kecamatan se Kutim di Gedung PKK Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, senin (10/10/2022).

Kegiatan ini melombakan tiga jenis menu, yaitu Menu Balita, Menu Kudapan dan Menu Keluarga. Yang bertindak sebagai juri adalah Chef Joko Utoro dari Hotel Royal Victoria, Jemy dari Dinas Kesehatan dan Saidah dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kutim.

Turut hadir di kegiatan ini seluruh Camat dan beberapa Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kutim serta dari DWP, Persit Kartika Candra Kirana, Jalasenastri, Bhayangkari, Perisda, Dharmayukti Kartini, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini dan TP PKK Kecamatan se Kutim.

Pada kesempatan ini ketua TP PKK Kutim Hj Siti Robiah menyampaikan kegiatan ini merupakan gerakan moral agar dapat memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur guna memenuhi kebutuhan tubuh.

Ketua TP PKK Kutim Hj Siti Robiah.

“Sebagai Ketua TP PKK Kutim, saya tidak bosan-bosannya untuk mengajak seluruh TP PKK baik kecamatan maupun desa untuk mensosialisasikan tentang pentingnya mengonsumsi ikan,” ucapnya.

Di momen ini Sekretarias Daerah, Rizali Hadi menyampaikan lahan-lahan pekarangan rumah warga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan budidaya ikan air tawar.

“Jika produksi ikan kita meningkatkan, maka bisa dijadikan unggulan setiap kecamatan. ini bisa terwujud karena kita memiliki banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi perikanan,” jelasnya.

Dirinya melanjutkan, produksi ikan tersebut bisa dalam bentuk ikan segar maupun telah menjadi ikan olahan. Ikan olahan ini dapat berupa ikan asin atau ikan beku. “Pemerintah Daerah sangat mendorong dan memperhatikan peluang-peluang yang ada untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya agar dapat bersaing dengan daerah yang lain,” pungkasnya.

Di Penghujung acara, Panitia mengumumkan pemenang lomba Masak Serba Ikan, lomba Penyuluhan Aku Hatinya PKK Tingkat Kabupaten. Selain itu diumumkan juga hasil lomba Penyuluhan Aku Hatinya PKK Tingkat Provinsi Kaltim, lomba B2SA paket Lunch Box dan paket Snack Box pada Festival Pangan tingkat Provinsi Kaltim.

Berikut pemenang Lomba Masak Serba Ikan :

Pemenang Menu keluarga, Juara I diraih Kecamatan Muara Wahau, Juara II direbut Kecamatan Batu Ampar, Juara III diperoleh Kecamatan Muara Bengkal, sedangkan Juara Harapan I Kecamatan Long Masangat dan Juara Harapan II Kecamatan Rantau Pulung.

Pemenang menu Kudapan, Juara I diraih Kecam Muara Wahau, Juara II direbut Kecamatan Batu Ampar, Juara III diperoleh Kecamatan Kaliorang, sedangkan Juara Harapan I Kecamatan Muara Bengkal, dan Juara Harapan II Kecamatan Rantau Pulung.

Pemenang menu Balita, Juara I dir Batu Ampar, Juara II direbut Kaliorang, Juara III diperoleh Kecamatan Muara Bengkal, sedangkan Juara Harapan I Kecamatan Rantau Pulung, dan Juara Harapan II Kecamatan Sangkulirang. Dan yang menjadi juara Umum Menu Lomba Masak Serba Ikan adalah Kecamatan Batu Ampar.

Untuk lomba Penyuluhan Aku Hatinya PKK Tingkat Provinsi Kaltim 2022 yang dilaksanakan di Balikpapan Kecamatan Muara Bengkal berhasil meraih Juara II, dan pada Festival Pangan tingkat Provinsi Kaltim lomba B2SA paket Lunch Box meraih Juara Harapan II (Kecamatan Muara Bengkal) dan paket Snack Box meraih Juara Harapan III (Kecamatan Muara Bengkal).

Pemenang lomba Penyuluhan Aku Hatinya PKK tingkat Kabupaten Kutai Timur :

Juara I Kecamatan Muara Wahau

Juara II Kecamatan Sangatta Utara

Juara III Kecamatan Kaliorang

Harapan I Kecamatang Kongbeng

Harapan II Kecamatan Teluk Pandan

Harapan III Kecamatan Kaubun

(G-S02/Dwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.