Wabup Kasmidi Irup di Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022

oleh -131 Dilihat

SANGATTA – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke 74, senin (19/12/2022) di Halaman Kantor Bupati.

Saat bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wabup Kasmidi membacakan sambutan Presiden RI yang bertemakan ‘Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku’

Dikatakannya seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran, dan kemampuan bela negara. Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks disegala bidang. Oleh karena itu kita harus terus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, produktif, inovatif, berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara.

“Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” ucap Wabup Kasmidi saat membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya disampaikan, nilai dasar Bela Negara adalah Cinta Tanah Air; Sadar Berbangsa dan Bernegara; Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara; Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara; dan Kemampuan Awal Bela Negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing- masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara,” ujarnya.

Terakhir, Kasmidi mengatakan, jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.

Sebelumnya dibacakan Ikrar Bela Negara oleh Basuni, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kutim dengan disaksikan oleh seluruh peserta upacara.

Basuni, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kutim.

Dalam upacara ini yang bertindak selaku Perwira Upacara Letda Kafeleri Hani Akhiat, sedangkan yang bertindak selaku Komandan Upacara Letnan Dua Infanteri Bagus Aji Suryanata Kusuma. Turut hadir seluruh pimpinan Forkopimda Kutim serta undangan lainnya.

Usai pelaksanaan upacara Bela Negara, Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan sebagai warga negara harus siap membela negara dalam kondisi apapun.

“Pembangunan saat ini merupakan salah satu bela negara, walaupun nanti suatu saat diri kita dibutuhkan, kita harus siap,” ujar Kasmidi.

Dirinya menambahkan saat ini tidak dalam keadaan perang, di sektor kesehatan masih dalam kondisi pemulihan akibat Covid 19. Selain itu dalam bela negara Pemkab Kutim sedang berusaha membangun perekonomian agar menjadi kuat.

“Selain bangun perekonomian yang kuat, kita juga membangun SDM yang hebat, ini juga termasuk bela negara,” kata ia. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *