Faizal Ingin Layanan Keteterisasi Jantung Segera Ada di RSUD Kudungga

oleh -25 Dilihat

SANGATTA- Sejatinya, memberikan pelayanan kesehatan secara purna menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab yang harus di lakukan pemerintah kepada masyarakat. Serta menjadi salah satu tolak ukur kemajuan dalam bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM), khusunya di bidang kesehatan.

Anggota DPRD Kutim, Faizal Rahman menyebut, pelayan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang wajib di berikan kepada seluruh lapisan masyarakat, pemerintah wajib menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai, baik sarana dan prasaranya.

“Rumah sakit kita (RSUD Kudungga) saat ini kan sudah tipe B, dan di tunjang anggaran yang besar, masak sih, fasilitas sama layanan kesehatan kita belum lengkap, “ ujarnya Sabtu (05/11/2022).

Fasilitas yang maksud politisi dari Partai PDI Perjuangan ini, yakni, layanan kateterisasi (Cath Lab) atau penanganan operasi penyakit jantung. Apabila RSUD Kudungga memiliki alat tersebut, akan semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan, khusunya yang ada di Kutim.

“Jadi masyarakat cukup di Sangatta sudah bisa operasi kateter, apalagi saat ini RSUD Kudungga juga sudah ada dokter spesialis jantung, tinggal alatnya aja (Cath Lab) yang belum ada,” ungkapnya.

Dengan dukungan anggaran yang memadai, dirinya mendorong agar pemerintah juga bisa memfokuskan dalam mengalokasikan anggaranya di bidang kesehatan, guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dasar. Khusunya di bidang kesehatan.

“Mudahan di APBD 2023 ini bisa di wujudkan dan segera ada, selain itu yang perlu di support adalah dokter yang akan menangani alat itu (Cath Lab) serta bangunan yang nantinya akan di gunakan,” pungkasnya.

Untuk di ketahui, Layanan kateterisasi jantung (cath lab) adalah suatu pelayanan yang di lakukan di laboratorium kateterisasi jantung & angiografi untuk menentukan Diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dan untuk selanjutnya dilakukan Intervensi Non Bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda. (G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.